Sukses


Babak Belur Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Timor Leste Singgung Jadwal Padat SEA Games 2021

Bola.com, Viet Tri - Pelatih Timor Leste, Fabio Magrao, menyinggung jadwal padat SEA Games 2021 setelah timnya takluk 1-4 dari Timnas Indonesia U-23 pada laga lanjutan Grup A, Selasa (10/5/2022).

Pada laga yang digelar di Stadion Viet Tri tersebut, gawang Timor Leste secara bergantian dibobol oleh Egy Maulana Vikri (16'), Witan Sulaeman (52', 77'), dan Fachruddin Aryanto (59'). Adapun gol hiburan Timor Leste dicetak Mouzinho saat membobol gawang Timnas Indonesia U-23 pada menit ke-69.

"Kami tahu hari ini merupakan pertandingan yang sulit. Kami sudah mempersiapkan tim dengan baik untuk menghadapi Indonesia. Kami tahu Indonesia adalah tim yang sangat bagus," kata Fabio Magrao usai pertandingan.

Pelatih Fabio Magrao juga menyebut timnya merasa kelelahan karena hanya punya waktu sehari antarpertandingan. Adapun Timnas Indonesia U-23 punya waktu istirahat lebih karena baru bermain sekali sebelum menghadapi mereka di SEA Games 2021.

"Namun, mereka baru memainkan satu pertandingan yakni melawan Vietnam. Jika saya tidak keliru, mereka punya tiga hari untuk istirahat. Adapun kami bermain melawan Myanmar dan mereka hari ini sehingga hanya punya waktu istirahat yang sedikit," ucap pelatih asal Brasil itu.

Kekalahan ini membuat Timor Leste terpuruk di dasar klasemen sementara Grup A SEA Games 2021. Adapun Timnas Indonesia U-23 tetap di urutan keempat dengan jumlah tiga poin.

2 dari 5 halaman

Memaklumi

Pelatih Fabio Magrao juga mengakui pemainnya minim pengalaman bermain di event sebesar SEA Games 2021. Perbedaan kualitas dengan pemain Timnas Indonesia U-23 membuat mereka banyak melakukan kesalahan.

Situasi ini berusaha dimaklumi Fabio Magrao. Menurut dia, para pemainnya akan jauh lebih siap tampil di SEA Games bila lebih dulu matang di kompetisi lokal. 

"Normal bila para pemain muda kami melakukan banyak kesalahan. Namun, jika kesalahan-kesalahan itu terjadi pada kompetisi lokal yang bagus, mereka akan lebih matang saat bermain di SEA Games," tegas Fabio Magrao.

3 dari 5 halaman

Kurang Pemain

Pelatih Timor Leste, Fabio Magrao, kecewa dengan kekalahan telak dari Timnas Indonesia U-23. Namun, Fabio Magrao menyebut hasil itu tak mengejutkan karena adanya perbedaan kualitas dari kedua tim.

Pelatih Fabio Magrao mengaku, timnya tidak diperkuat pemain berkualitas pada SEA Games 2021. Penyebabnya adalah mereka kekurangan sumber daya pemain karena minimnya kesempatan berkompetisi secara lokal.

"Dibandingkan dengan Vietnam atau Indonesia, kami memiliki terlalu sedikit peluang untuk menemukan pemain berbakat. Dalam tiga tahun terakhir, pemain Timor Leste belum banyak bermain di turnamen," ucap Fabio Magrao.

"Vietnam memiliki V League, Indonesia memiliki Liga 1. Timor Leste hanya memiliki turnamen amatir sehingga menjadi sebuah kerugian," ucap pelatih asal Brasil itu.

4 dari 5 halaman

Angkat Koper

Perjalanan Timor Leste di SEA Games 2021 dipastikan berakhir. Vonis itu diterima setelah pasukan Fabio Magrao dibantai takluk dari Timnas Indonesia U-23 dengan skor 1-4 pada laga lanjutan Grup A, Selasa (10/5/2022).

Timor Leste menjadi tim pertama yang angkat koper di SEA Games 2021 setelah menelan tiga kekalahan secara beruntun. Namun, Timor Leste masih akan menjalani satu laga sisa melawan Vietnam (15/5/2022).

Laga ini memang sudah tak punya pengaruh apapun buat Timor Leste. Meski demikian, laga ini jadi kesempatan sebagai obat pelipur lara untuk menyudahi SEA Games 2021 dengan hasil positif.

5 dari 5 halaman

Simak Liputan-Liputan Seputar SEA Games 2021 di Bola.com

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer