Sukses


Skenario Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 jika Kalah atau Seri Melawan Filipina

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan memainkan laga ketiga Grup A SEA Games 2021 melawan Filipina pada Jumat (13/5/2022). Duel yang dimainkan di Stadion Viet Tri ini punya arti penting bagi kelolosan kedua tim ke semifinal.

Saat ini, Indonesia berada di posisi keempat klasemen Grup A dengan raihan tiga poin. Sementara, Filipina punya empat poin dan berada di posisi kedua. Bedanya, Indonesia baru memainkan dua laga dan Filipina tiga kali bermain.

Indonesia menang dengan skor 4-1 atas Timor Leste pada laga terakhirnya. Melawan tim yang sama, Filipina menang dengan skor 4-0. Filipina bermain imbang 0-0 melawan Vietnam, tim yang membantai Indonesia dengan skor 3-0.

Shin Tae-yong kehilangan dua pemain kuncinya. Elkan Baggott belum bergabung dengan Timnas Indonesia. Sementara, Saddil Ramdani dipastikan absen karena harus kembali ke Sabah FA dan pulang ke Indonesia untuk keperluan pendidikan.

Lalu, bagaimana skenario Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal SEA Games 2021 jika menang, imbang, atau kalah dari Filipina? 

2 dari 5 halaman

Hitung-hitungan

Duel Filipina vs Indonesia akan jadi laga penentuan bagi nasib kedua tim. Jika Indonesia menang (7 poin), maka peluang untuk lolos ke semifinal akan terbuka lebar.

Sebaliknya bagi Filipina, jika kalah dari Indonesia maka mereka akan menyusul Timor Leste yang dipastikan gagal ke semifinal. Sebab, laga melawan Indonesia adalah laga terakhir Filipina di fase grup.

Indonesia tidak otomatis lolos ke babak semifinal walau menang lawan Filipina. Langkah pasukan Shin Tae-yong masih akan ditentukan hasil laga Myanmar vs Vietnam dan laga terakhir melawan Myanmar.

3 dari 5 halaman

Jika Imbang..

Imbang lawan Filipina membuat langkah Timnas Indonesia menjadi cukup rumit. Witan Sulaeman dan kolega akan mendapat empat poin, sementara Filipina punya lima poin dan tidak bisa bertambah.

Peluang Indonesia ke semifinal akan bergantung pada hasil laga Myanmar vs Vietnam (Jumat, 13 Mei 2022) dan laga terakhir di Grup A melawan Myamar.

Jika Myanmar menang (9) lawan Vietnam, maka mereka akan lolos ke semifinal. Sementara, jika Vietnam menang (7 poin), mereka masih harus berjuang hingga laga terakhir melawan Timor Leste. Di atas kertas, Vietnam bisa menang mudah ada Timor Leste dan punya 10 poin.

Jika Indonesia imbang lawan Filipina, maka laga terakhir lawan Myanmar akan sangat krusial.

4 dari 5 halaman

Jika Kalah..

Kalah dari Filipina adalah skenario buruk bagi Timnas Indonesia. Sebab, jarak poin mereka dengan tim yang ada di atas akan makin lebar.

Indonesia akan bertahan dengan tiga poin dan Filipina mendapat tujuh poin. Garuda Muda hanya punya satu laga sisa dan tak bisa melewati poin Filipina. Peluang Indonesia lolos ke semifinal akan bergantung pada hasil laga antara Myanmar vs Vietnam.

Jika Myanmar menang (9 poin) maka Indonesia gagal ke semifinal. Jika Vietnam yang menang (7 poin) maka Indonesia juga gagal ke semifinal. Myanmar bahkan hanya butuh hasil imbang untuk menyingkirkan Indonesia.

 

Bola.net (Asad Arifin, 13/5/2022)

5 dari 5 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer