Sukses


SEA Games 2021: Aksi Muhammad Ridwan bersama Timnas Indonesia U-23, Buah Kesabaran Sang Penyerang Muda

Bola.com, Jakarta - Muhammad Ridwan mencetak satu gol untuk Timnas Indonesia U-23 saat bersua Filipina pada laga fase Grup A SEA Games 2021 di Viet Tri, Jumat (14/5/2022). Mau tahu lebih dekat dengan sosok yang satu ini?

Tahun 2020 menjadi titik awal karier profesional Muhammad Ridwan di sepak bola Indonesia. Saat itu, pelatih Joko Susilo mengajak Ridwan ke Persik dengan minim jam terbang

Meski lajang berusia 22 tahun ini pernah bermain di Sriwijaya FC, Persela, dan PSIS, namun dia jarang mendapatkan jatah menit bermain. Otomatis, sebagai penyerang Ridwan pun tak memiliki koleksi gol terlalu banyak.

Kendati begitu, Joko Susilo bersikukuh merekrut pemain asal Kendal, Jateng itu. Musim pertama Ridwan di Persik juga tak dinaungi keberuntungan.

Kompetisi Liga 1 dihentikan akibat badai COVID-19. Bahkan kesialan bertubi-tubi sempat mengakrabinya. Kakinya terluka akibat kejatuhan benda berat di mes pemain.

Ketika lukanya telah sembuh, Muhammad Ridwan mengalami cedera hamstring saat latihan. Lagi-lagi dia harus bersabar untuk memulihkan kondisinya dan terpaksa memendam hasrat merumput bersama tim.

2 dari 5 halaman

Berkat Kesabaran

Berkat kesabarannya, Muhammad Ridwan mulai dapat kepercayaan dari arsitek baru, Javier Roca pada BRI Liga 1 2021/2022. Musim lalu, dia tampil sebanyak sembilan kali dengan sebutir gol. Jumlah pertandingan ini juga rekor terbanyaknya selama karirnya.

Jelang musim baru Liga 1 2022/2023, manajemen Persik memperpanjang kontrak Ridwan. Tak dinyana, keputusan ini membuat gerah Septian Satria Bagaskara. Local hero Kediri ini terpaksa menepi dan hijrah ke RANS Cilegon FC.

Padahal Bagaskara adalah pahlawan Persik dengan gelar topskorer Liga 3 2018 lalu. Bagaskara juga idola bagi Persikmania.

3 dari 5 halaman

Pujian dari Joko Susilo

Kembali ke M. Ridwan. Gol pembuka yang dicetak ke gawang Filipina di penyisihan grup SEAG Vietnam, Jumat (13/5/2022), membuka asa Timnas Indonesia untuk mendulang kemenangan 4-0. Aksi Ridwan ini juga mendapat pujian dari mantan mentornya, Joko Susilo.

Bahkan pria yang akrab disapa Getuk ini mengunggah tangkapan layar percakapan pribadinya dengan Ridwan di akun pribadi Instagramnya.

"Hahaha kalau enggak sama coach Joko saya enggak bisa ke Persik dulu," ketik Ridwan.

"Kamu kualitas bukan karena aku kok. Hanya situasi yang dulu kita gak maksimal," sebut Joko Susilo.

4 dari 5 halaman

Percaya Diri

Ketika Joko Susilo menangani Persik kondisi finansial tim asal Kota Kediri ini memang sangat minimalis. Makanya, Joko pun hanya bisa belanja pemain medioker. Namun, kejelian Joko Susilo malah berhasil melahirkan pemain muda berbakat seperti Ridwan.

Tak pelak lagi, aksi Ridwan bersama Timnas Indonesia di Vietnam akan menambah kepercayaan diri dan membuka asa baginya di Liga 1 mendatang bersama Persik.

Performa apik Ridwan di Timnas ini, sebelumnya sulit dilakukan Septian Bagaskara. Pemain asal Kediri beberapa kali dipanggil seleksi di Timnas, namun dia tak pernah tampil sebagus Ridwan.

5 dari 5 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer