Sukses


Beda Ekspresi Shin Tae-yong di Dalam dan Luar Lapangan: Kadang Meledak-ledak, tetapi Bisa juga Senyum

Bola.com, Phu Tho - Shin Tae-yong memang pribadi yang tidak terlalu ekspresif. Lihat saja tiap kali pelatih Timnas Indonesia U-23 itu melakukan konferensi pers seusai pertandingan, wajahnya terlihat datar-datar saja.

Bola.com berulang kali mewawancarai Shin Tae-yong, baik dalam sesi jumpa media maupun latihan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Arsitek asal Korea Selatan itu tidak banyak menjukkan gesture berlebih. Dalam suasana senang atau pun susah, Shin Tae-yong kerap terlihat biasa saja.

Contohnya ketika Timnas Indonesia U-23 menghajar Timor Leste 4-1 dalam partai kedua Grup A SEA Games 2021 pada 10 Mei 2022, sang pelatih tidak terlalu memamerkan aura kebahagiannya.

Padahal, kemenangan itu menjadi yang pertama bagi tim asuhan Shin Tae-yong itu di SEA Games 2021. Pada laga pertama, Timnas Indonesia U-23 dibantai Vietnam 0-3 tiga hari sebelumnya.

2 dari 6 halaman

Sesekali Senyum Tipis

Begitu pula ketika Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan telak empat gol tanpa balas atas Filipina pada Jumat (13/5/2022).

Aura manajer pelatih yang baru berulang tahun ke-53 tahun itu cenderung santai. Shin Tae-yong hanya sesekali melemparkan senyuman tipis tanpa memperlihatkan gigi.

Masih dalam konferensi pers pasca-duel Timnas Indonesia U-23 versus Filipina, Shin Tae-yong juga terlihat kelelahan. Dia berulang kali menundukkan kepalanya, menutup muka, dan menahan kepala di dua kepalan tangan.

 

3 dari 6 halaman

Meledak-Ledak di Pinggir Lapangan

Namun, kondisinya cukup kontradiktif begitu Shin Tae-yong mengomandoi Witan Sulaeman dkk. dari pinggir lapangan.

Shin kerap meledak-ledak di bench pemain. Dia juga selalu berdiri, hampir tidak pernah duduk selama 90 menit. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu acap berargumentasi dengan wasit maupun hakim garis.

Misalnya, ketika Timnas Indonesia U-23 bertanding kontra Filipina. Shin Tae-yong sempat melakukan protes keras ke hakim garisnya. Gara-garanya, Syahrian Abimanyu ditekel oleh pemain lawan.

Namun, wasit Mahmood Al-Majarafi bergeming dan tidak menganggap kejadian itu sebagai pelanggaran.

Shin Tae-yong juga bukan tipe pelatih yang merayakan gol dengan berlebihan. Memang terpancar kebahagiaan dari raut wajahnya, namun gestur tubuhnya datar-datar saja.

4 dari 6 halaman

Hasil Pertandingan:

Jumat, 6 Mei 2022

Vietnam 3 - 0 Timnas Indonesia

  • Gol: Nguyen Tien Linh 54', Do Hung Dung 74', Le Van Do 87'

Selasa, 10 Mei 2022

Timnas Indonesia 3 - 1 Timor Leste

  • Gol: Egy Maulana Vikri 16', Witan Sulaeman 52', 77', Fachruddin Aryanto 59'; Mauzinho 69'

Jumat, 13 Mei 2022

Filipina 0 - 4 Timnas Indonesia

  • Gol: Muhamad Ridwan 18', Rizky Ridho 44', Egy Maulana Vikri 74', Marselino Ferdinan 85'

 

5 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan:

Minggu, 15 Mei 2022

16.00 WIB: Timnas Indonesia vs Myanmar

6 dari 6 halaman

Simak Berita Menarik SEA Games 2021 di Bola.com

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer