Sukses


5 Pemain Timnas Indonesia U-23 Penampilannya Belum Maksimal di SEA Games 2021: Akankah Berubah di Semifinal?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 menyudahi babak penyisihan Grup A SEA Games 2021 di posisi kedua. Pasukan Shin Tae-yong mengumpulkan sembilan poin hasil empat pertandingan.

Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke semifinal SEA Games 2021 dengan status runner-up Grup A. Pasukan Shin Tae-yong mendampingi Vietnam sebagai juara Grup A.

Performa Timnas U-23 berangsur membaik pada setiap pertandingan. Timnas U-23 menjadi tim paling produktif di Grup A dengan sumbangan 11 gol dari empat laga.

Namun, ketajaman Timnas U-23 tak diimbangi lini pertahanan yang baik. Skuad Garuda Muda tercatat kebobolan lima kali dari empat laga.

Penampilan tak maksimal Timnas U-23 dipengaruhi oleh belum konsistennya para pemain di lapangan. Bola.com mencatat ada sejumlah nama yang performanya masih jauh dari harapan.

Lantas, siapa saja pemain yang sejauh ini performanya belum maksimal bersama Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021? Berikut ini lima pemain di antaranya.

2 dari 7 halaman

Rachmat Irianto

Penampilan Rachmat Irianto di SEA Games 2021 belum maksimal. Dalam empat laga, pemain Persib Bandung itu hanya bermain sekali sebagai starter Timnas Indonesia U-23.

Rachmat Irianto dipercaya bermain sebagai starter pada laga pembuka melawan Vietnam (6/5/2022). Ketika itu, Rachmat Irianto tampil tak maksimal sehingga Timnas U-23 menelan kekalahan 0-3.

Setelah itu, pelatih Shin Tae-yong mencadangkan Irianto dalam dua laga terakhir SEA Games 2021. Padahal, Irianto sebelumnya merupakan pemain yang tak tergantikan dan andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia senior.

3 dari 7 halaman

Irfan Jauhari

Irfan Jauhari belum mampu menbuktikan kualitasnya sebagai penyerang Timnas Indonesia U-23. Irfan Jauhari tercatat sudah tiga kali dipercaya bermain sebagai starter.

Namun, Irfan Jauhari belum sekalipun mampu mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-23. Pelatih Shin Tae-yong sepertinya masih mengharapkan yang terbaik dari Irfan Jauhari.

Padahal, Irfan Jauhari memiliki kualitas individu yang baik. Namun, dari sejumlah pertandingan peluang yang dihasilkannya belum mampu menjadi gol.

4 dari 7 halaman

Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga mendapatkan tugas sebagai bek kiri Timnas Indonesia U-23. Peran itu ternyata belum sepenuhnya mampu dimaksimalkan oleh Dewangga.

Berbeda dengan Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga belum maksimal membantu serangan Timnas U-23 dari sektor kiri. Bahkan, Alfeandra Dewangga sempat blunder karena terlalu asyik membantu serangan.

Absennya Pratama Arhan sangat terasa buat Timnas Indonesia U-23. Selain Alfeandra Dewangga belum maksimal, Firza Andika juga belum sepenuhnya mampu diandalkan di posisi bek sayap kiri.

5 dari 7 halaman

Ricky Kambuaya

Performa Ricky Kambuaya juga belum sepenuhnya seperti yang kita ketahui. Pada pertandingan terakhir, Ricky Kambuaya memang menyumbang satu assist.

Namun, pemain Persib Bandung itu terlihat seperti kebingungan dalam melancarkan serangan. Bahkan, terlihat dalam beberapa momen dalam pertandingan sang pemain kesulitan melakukan tusukan.

Ricky Kambuaya sebenarnya merupakan pemain kreatif yang bisa diandalkan dalam membantu serangan. Namun, performanya sampai saat ini belum sepenuhnya memukau.

6 dari 7 halaman

Marc Klok

Sebagai pemain senior, pelatih Shin Tae-yong tentu berharap lebih pada Marc Klok. Namun, performa sang pemain dalam empat laga di penyisihan grup SEA Games 2021 belum maksimal.

Marc Klok belum mampu menunjukkan penampilan terbaik. Bahkan, ketika mengeksekusi bola mati kualitas sepakannya tak seperti yang kita saksikan ketika membela Persib Bandung.

Meski demikian, pelatih Shin Tae-yong masih menaruh kepercayaan pada Klok. Pada babak semifinal, ketangguhan Klok tentu akan sangat dinantikan Timnas Indonesia U-23 untuk meraih kemenangan.

7 dari 7 halaman

Simak Liputan-Liputan Seputar SEA Games 2021 di Bola.com

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer