Sukses


BRI Liga 1: Januar Eka, Jebolan Liga Santri yang Siap Bersaing di Persebaya

Bola.com, Surabaya - Model pembinaan sepak bola di Indonesia memang unik. Salah satu pembinaan sepak bola yang belakangan digalakkan adalah di kalangan pesantren.

Tidak heran jika beberapa jebolan Liga Santri bisa menembus liga profesional sepak bola Indonesia. Nama terbaru yang mampu melakukan itu adalah Januar Eka Ramadhan.

Tak main-main, penyerang berusia 26 tahun itu direkrut oleh klub besar, Persebaya Surabaya. Januar diplot mengisi posisi yang ditinggalkan Samsul Arif.

Di kanal Youtube resmi Persebaya Surabaya, Januar menceritakan awal mula kariernya di dunia sepak bola. Ia menyebut berada di pesantren membuat wawasannya soal sepak bola tidak sebaik mereka yang memulai karier di level SSB atau akademi khusus sepak bola usia muda.

"Dari wawasan metode permainan juga berbeda dengan SSB karena di pondok terbatas dari fasilitas dan pemahaman teknik juga," ungkapnya.

2 dari 4 halaman

Mondok Sejak Lulus SD

Januar Eka Ramadhan lahir di Cilegon, Banten 31 Juli 1995. Ia mengungkapkan sudah menjalani pendidikan di pondok pesantren sejak ia lulus dari bangku SD.

Januar menjalani enam tahun pendidikan di sebuah pesantren yang juga terletak di Provinsi Banten. Ia kemudian mulai menjajal karier profesional mulai tahun 2018 lalu, atau ketika ia sudah duduk di bangku kuliah.

"Dari usia dini, setelah lulus SD saya mondok di Rangkasbitung selama enam tahun, saya ikuti Liga Santri. Setelah itu saya kuliah, kemudian saya masuk liga pro di tahun 2018," paparnya.

Menurut Januar, keberhasilannya menembus liga profesional Indonesia tak lepas dari peran Liga Santri. Juga ditambah latihan keras yang selama ini ia jalani.

"Saya mampu belajar berusaha dan kerja keras latihan. Itu semua dari proses latihan," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Sepenuh Hati

Januar Eka bangga bukan main bisa dilirik dan kemudian mendapatkan kontrak di Persebaya. Klub yang menurut dia salah satu yang terbesar di Indonesia.

Januar enggan menyia-nyiakan kesempatan besar ini. Ia ingin memberikan permainan sepenuh hati untuk klub yang identik dengan warna hijau itu.

"Saya sangat bersyukur saya bisa membela salah satu tim besar," ujarnya.

Tak lupa, Januar juga mengungkapkan target yang ingin ia capai bersama Persebaya. Ia ingin membawa Bajul Ijo bertengger di papan atas Liga 1 musim ini.

"Ya harapan tentunya saya akan bermain dengan sepenuh hati. Kemudian memberikan terbaik untuk Persebaya dan mampu membawa Persebaya bersaing di papan atas atau juara," ungkap Januar.

Sumber: Youtube Official Persebaya

4 dari 4 halaman

Tengok Posisi Persebaya Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer