Sukses


Sudah Kebobolan Lima Gol di Fase Grup SEA Games 2021, Pertahanan Timnas Indonesia U-23 Harus Lebih Kukuh

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 memastikan langkah ke babak semifinal SEA Games 2021. Garuda Muda menjadi runner-up Grup A dan akan menantang Thailand di fase gugur, Kamis (19/5/2022).

Posisi Timnas Indonesia U-23 tepat di tuan rumah bawah Vietnam. Tim asuhan Shin Tae-yong tertinggal satu poin saja dari tuan rumah di klasemen akhir Grup A.

Timnas Indonesia U-23 menjadi tim tertajam di Grup A. Di sepanjang fase grup, Witan Sulaeman dan kolega mampu mencetak 11 gol.

Sang tuan rumah, Vietnam U-23 saja hanya bisa mencetak enam gol dari empat laga yang mereka jalani. Namun, Garuda Muda menyimpan pekerjaan rumah yang cukup berat di lini belakang.

Dari empat laga di fase grup, gawang Garuda Muda kebobolan lima kali. Tiga gol datang dari laga melawan Vietnam U-23, satu dari Timor Leste, dan satu lagi datang saat Timnas Indonesia U-23 menang 3-1 atas Myanmar.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tantangan Lebih Berat

Di babak semifinal, Indonesia U-23 sudah ditunggu Thailand U-23. The War Elephant menjadi juara Grup B, mereka unggul dari Malaysia U-23.

Eks winger PSIM Yogyakarta dan Persiba Bantul, FX Harminanto menyebut, Thailand akan jadi lawan yang lebih berat bagi Indonesia. Lini depan tim asuhan Alex Polking juga bakal memberikan tantangan lebih bagi Fachruddin Aryanto dan kolega.

"Mungkin akan dapat tangangan sebenarnya nanti kalau lawan Thailand ya," ujarnya kepada Bola.com.

Harminanto mengingatkan duet bek tengah Indonesia U-23, Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho untuk lebih cermat lagi dalam mengawal pertahanan.

"Keduanya harus lebih cermat lagi ambil keputusan dan rapat," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Tak Banyak Pilihan

Shin Tae-yong memang tidak banyak pilihan di posisi pemain bertahan, terutama di posisi bek tengah. Selama ini ia selalu mengandalkan duet Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho di posisi bek tengah.

Alfeandra Dewangga justru lebih sering dan efektif diandalkan sebagai bek kiri. Sementara itu, Elkan Baggott tidak bisa bergabung ke skuad SEA Games tahun ini.

Kita tentu sangat berharap Fachruddin dan Rizky bisa terus ada dalam kondisi yang fit. Selain itu, mereka diharapkan juga tidak mendapatkan akumulasi kartu sehingga membuatnya absen di laga selanjutnya.

Jika salah satu di antara Fachruddin atau Rizky Ridho absen, Shin bisa menggunakan skema cadangan. Ia bisa memasang Dewangga kembali di posisi bek tengah.

Sementara bek kiri kembali diserahkan kepada Firza Andika. Namun, bek Persija itu harus benar-benar siap terutama dalam membantu pertahanan.

4 dari 4 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer