Sukses


Detik - Detik Timnas Indonesia Hancurkan Thailand di Panggung SEA Games

Bola.com, Jakarta - Kegentingan dan ketegangan sudah menjalar di seluruh tubuh para penggemar sepak bola, khususnya pendukung Timnas Indonesia. Bagaimana tidak, armada Shin Tae-yong akan melakoni laga semifinal SEA Games 2021, besok sore WIB.

Bukan langkah mudah menuju final SEA Games 2021. Sang lawan pada fase empat besar ini berstatus jawara Grup B, Timnas Thailand. Bukan rahasia lagi, Negeri Gajah Putih ini terkenal memiliki pasukan solid, yang terbukti sanggup mencuri singgasana Grup B dari Malaysia.

Namun, para pendukung Timnas Indonesia U-23 tak perlu khawatir. Egy Maulana Vikri dkk punya modal besar guna menyingkirkan Thailand. Secara umum, penampilan Timnas Indonesia di Vietnam semakin membaik, meski sempat terpeleset ketika takluk dari Vietnam.

 

2 dari 7 halaman

Memori Bagus

Selain penampilan terkini, Timnas Indonesia juga punya memori bagus di ajang yang sama tiga tahun silam. Yup, pada SEA Games 2019, Timnas Indonesia menekuk Thailand pada partai perdana Grup B SEA Games Filipina.

Saat itu, Timnas Indonesia membuka skor kemenangan melalui Egy Maulana Vikri pada menit ke-4. Gol berawal dari umpan mendatar Asnawi Mangkualam ke arah Evan Dimas, yang sudah bergerak ke sisi kiri area penalti Thailand.

Mendapat ruang terbuka, Evan Dimas tak ragu mengirim umpan silang mendatar ke area depan gawang. Kapten Andy Setyo sempat menyontek bola, namun masih memantul bek Thailand.

 

3 dari 7 halaman

Proses Gol

Beruntung, pantulan tersebut justru mengarah persis ke depan gawang. Bagas Adi masih mencoba menendang, tapi meleset. Nah, posisi Egy yang tepat berada di belakang Bagas Adi tak menyia-nyiakan kesempatan.

Egy sukses memanfaatkan suasana 'crowded' tersebut dengan melakukan sontekan lemah saja, namun berujung gol. Selebrasi luar biasa bagi Egy, karena ia baru saja bergabung.

Gol kedua Timnas Indonesia ke gawang Thailand berawal dari kesuksesan mematahkan serangan. Osvaldo Haay sukses merebut bola dari kaki penggawa Thailand. Lalu, ia menyodorkan bola ke sisi kiri, yang di sana ada Saddil Ramdani.

 

4 dari 7 halaman

Lanjutan Proses Gol

Tanpa ampun, Saddil mengajak lari pemain bertahan Thailand. Sampai di sepertiga pertahanan Thailand, ternyata ada empat pemain Timnas Indonesia dan satu pemain lawan.

Walhasil, Saddil tinggal memilih untuk menyodorkan bola ke siapa. Saddil masih terus melakukan penetrasi, dan baru mengumpan ketika sudah berada di area penalti.

Saddil memilih mengoper bola ke Osvadlo Haay, yang ikut berlari membangun serangan balik. Osvaldo terlihat santai, dan dia menggocek bola yang membuat kiper Nont Muangngam tak berdaya.

 

5 dari 7 halaman

Modal Kuat

Haay melesakkan si kulit bundar ke dalam gawang Thailand. Gol Pada menit ke-87 tersebut membuat Timnas Indonesia unggul 2-0.

Selepas kemenangan perdana, perjalanan Timnas Indonesia relatif mulus. Evan Dimas dkk hanya kalah sekali dari Vietnam di fase grup, dan berhak lolos ke babak semifinal.

Sayang, pada laga final, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan telak Vietnam, dengan skor 0-3. Gol dari Doan Van Hau pada menit ke-39 dan 73, serta Do Hung Dung (59'), membuyarkan mimpi publik Indonesia yang berharap bisa meraih medali emas di pentas SEA Games.

Nah, kini kesempatan Timnas Indonesia untuk menuntaskan rasa penasaran seperti di Filipina 2019, terbuka lebar. Artinya, Thailand bakal menjadi ujian berat, tapi andai berkaca pada momen tiga tahun lalu, semua kemungkinan masih terbuka lebar.

6 dari 7 halaman

Video Menarik

7 dari 7 halaman

Nikmati Liputan Eksklusif dari Vietnam

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer