Sukses


Mulai Panas Nih, Simak Komentar Pedas 2 Orang Penting Timnas Indonesia di SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi tantangan Timnas Thailand pada semifinal cabang sepak bola putra SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022) sore WIB. Sebuah perjuangan yang tak mudah, karena sang lawan juga berambisi menuntaskan kegagalan pada tiga tahun silam di Filipina.

Tak hanya itu, Thailand juga tak ingin pengalaman buruk pada laga pembuka SEA Games Filipina terulang. Saat itu, Negeri Gajah Putih harus mengakui keunggulan Timnas Indonesia.

Dua gol dari Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay memberi rasa malu dalam sejarah sepak bola Thailand. Sayang, Timnas Indonesia yang tampil menawan di Filipina 2019 harus puas dengan raihan medali perak. Di final, Tim Merah Putih kalah 0-3.

 

2 dari 5 halaman

Angkat Tradisi

Pertemuan kembali Timnas Indonesia dan Timnas Thailand sudah pasti mengangkat memori di Filipina. Lebih dekat lagi, memori para pendukung kedua negara kembali ke pentas Piala AFF 2020.

Namun, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah mewanti-wanti kalau pertemuan kali ini sangat berbeda dengan apa yang terjadi di AFF 2020. Baginya, situasi sekarang memberi kepercayaan diri luar biasa terhadap Egy Maulana Vikri dkk.

Oleh karena itu, daya ledak Timnas Indonesia akan lebih dahsyat ketika bertanding di Stadion Thien Truong, besok sore WIB. Shin Tae-yong berujar pedas, karena ia mengaku sudah punya pengalaman di Piala AFF dan ini kali pertama di SEA Games.

 

3 dari 5 halaman

Persaingan Ketat

STY sadar, Thailand, Vietnam dan Indonesia selalu jadi saingan. Tiga negara ini berada di depan ketika berbicara di panggung SEA Games. "Kami kalah di Final Piala AFF 2020, tetapi situasi sekarang berbeda. Ini turnamen tim U-23 dan kami sudah melakukan persiapan yang cukup baik untuk melawan Thailand," kata Shin Tae-yong.

Secara khusus, STY mengomentari terkait kekuatan anak asuhnya. Ia menganggap, ketiadaan Asnawi Mangkualam bisa memberi efek. Namun, pelatih berkebangsaan Korea Selatan tersebut yakin, siapapun penggantinya akan bermain lugas dan atraktif.

STY tak memungkiri kalau Ilham Rio punya kans lebih besar dibanding yang lain untuk mengisi peran Asnawi. "Rio belum maksimal ketika bersua Vietnam. Setelah itu, performanya semakin naik, untuk besok apakah Rio main atau tidak, lihat saja nanti," tegas Shin Tae-yong.

 

4 dari 5 halaman

Bagaimana Klok?

Pendapat keras dan penuh optimistis juga keluar dari gelandang senior, Marc Klok. Ia memastikan rekan-rekannya tak ada masalah bersua Thailand. Baginya, bertemu siapapun akan sama, karena sudah lolos dari fase grup.

Klok mengakui Thailand adalah tim yang bagus. "Namun kami yakin meraih kemenangan. Dari awal, target saya adalah juara, siapapun lawannya," tegasnya.

Beberapa kunci di lapangan yang bakal menjadi titik sukses menaklukkan Thailand adalah bekerja keras, disiplin dan fokus. "Mungkin orang-orang stres dan panik setelah kami kalah lawan Vietnam. Kami harus percaya diri dan melihat target," sebut Klok.

Satu yang pasti, kini publik Tanah Air ingin melihat timnas kebanggaan mereka bisa berjaya di SEA Games 2021. Bersua Thailand memang berat, tapi bukan tak mungkin Timnas Indonesia sanggup tampil trengginas seperti pada semifinal tiga tahun silam di Filipina 2019.

5 dari 5 halaman

Simak Laporan Eksklusif dari Vietnam

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer