Sukses


3 Pemain Timnas Indonesia yang Berpotensi Muncul sebagai Supersub Ketika Bertemu Thailand di Semifinal SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi laga yang tidak mudah di semifinal SEA Games 2021. Skuad Garuda dijadwalkan berjumpa dengan Thailand di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Kamis (16/5/2022) sore.

Selama ini Thailand sudah menjadi momok Timnas Indonesia saat bersaing di Piala AFF. Tim Gajah Perang sudah mengoleksi enam gelar, sedangkan Timnas Indonesia belum sekalipun meraih trofi tersebut.

Di SEA Games pun hampir sama. Thailand sudah mengoleksi 16 medali emas cabor sepak bola dalam pesta olahraga Asia Tenggara itu. Bandingkan saja dengan Timnas Indonesia yang baru meraih dua emas, pada 1987 dan 1991, itu pun saat masih dimainkan tim senior.

Sejak SEA Games 2001, cabor sepak bola mewajibkan peserta menurunkan tim U-23 dan Timnas Indonesia pun belum pernah meraih emas. Maksimal hanya medali perak yang didapat dalam tiga edisi pada 2011, 2013, dan 2013.

 

2 dari 6 halaman

Tantangan Tidak Mudah

Timnas Indonesia U-23 dan Thailand sudah 22 kali bertemu di SEA Games. Itu baik pada babak penyisihan grup, semifinal, maupun final. Sebanyak 17 di antaranya berakhir dengan kekalahan untuk Timnas Indonesia U-23. Skornya ada yang tipis dan telak.

Tentu ini akan menjadi tantangan yang tidak mudah untuk pelatih Shin Tae-yong demi membawa timnya menuju final dan meraih emas. Tapi, kekuatan Timnas Indonesia U-23 pun sebenarnya cukup apik untuk memetik kemenangan.

Bola.com telah merangkum terdapat tiga pemain yang jadi senjata rahasia alias super sub yang bisa memberi kontribusi dalam situasi yang dibutuhkan. Simak ulasannya berikut ini:

 

 

 

 

3 dari 6 halaman

Marselino Ferdinan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pemain milik Persebaya Surabaya ini memiliki talenta yang kemampuan yang cemerlang di lini tengah. Marselino Ferdinan cukup bisa diandalkan sebagai gelandang serang.

Namun, pemain berusia 17 tahun ini tidak selalu tampil sejak menit pertama selama fase grup SEA Games 2021. Trio gelandang Timnas Indonesia U-23 biasanya dihuni oleh Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Syahrian Abimanyu.

Marselino bisa diandalkan dengan memasukkannya pada paruh kedua. Dia pemain yang mampu mencari celah pertahanan lawan. Jangan lupakan tembakan keras jarak jauh yang biasanya diandalkan dalam merobek gawang lawan.

 

 

4 dari 6 halaman

Saddil Ramdani

Pemain Sabah FC ini bukanlah pilihan utama di skuat Timnas Indonesia U-23. Posisi winger biasanya diisi oleh Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Lagipula, Saddil Ramdani juga disibukkan dengan agenda bersama klubnya.

Beruntungnya, Saddil sudah bergabung latihan di Vietnam bersama rekan-rekannya demi mempersiapkan diri menghadapi Thailand. Dia rela terbang jauh dari Malaysia agar bisa tampil di laga ini.

Winger Timnas Indonesia U-23 Saddil Ramdani langsung gabung latihan bersama rekan-rekannya setelah tiba dari Malaysia demi mempersiapkan diri melawan Thailand.

Di fase grup, Saddil tampil dua kali melawan Vietnam dan Timor Leste. Kini, keberadaannya akan menambah kekuatan lini depan. Apalagi, pemain satu ini dikenal memiliki kecepatan dribel yang mumpuni.

 

 

 

5 dari 6 halaman

Muhammad Ridwan

Nama striker ini agak asing dibandingkan dengan pemain lain di Timnas Indonesia U-23. Maklum saja, Shin Tae-yong lebih memercayakan ujung tombak timnya kepada Irfan Jauhari. Muhammad Ridwan pun minim menit bermain.

Tapi, jangan sepelekan kontribusi striker Persik Kediri ini. Ridwan tercatat hanya tampil sekali melawan Filipina (13/5/2022). Dengan hanya sekali berlaga, dia pun mampu mencetak sebiji gol saat Timnas Indonesia U-23 menang 4-0 di laga itu.

Dengan kemampuannya, Ridwan bisa menjadi opsi alias senjata rahasia untuk membantu lini depan. Dia juga pantas mendapat menit bermain lebih agar Timnas Indonesia U-23 bisa menekuk Thailand nanti.

6 dari 6 halaman

Liputan Eksklusif Bola.com

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer