Sukses


BRI Liga 1: Jejak Karier Samsul Arif, Del Piero-nya Indonesia yang Makin Tua Makin Jadi

Bola.com, Solo - Samsul Arif Munip adalah nama lengkapnya. Samsul dilahirkan di sebuah desa kecil di Bojonegoro, Jawa Timur bernama Desa Mojodelik.

Meski lahir di desa, Samsul mampu menjelma sebagai salah satu striker terbaik Indonesia dalam sedekade terakhir. Di usianya yang sudah 37 tahun, Samsul masih konsisten.

Di musim lalu, Samsul memperkuat Persebaya Surabaya. Hebatnya, Samsul mampu mencetak 11 gol bersama Bajul Ijo di BRI Liga 1 2021/2022 lalu.

Samsul menjadi pemain asli Indonesia tertajam di musim lalu. Hal itu membuatnya banyak peminat setelah BRI Liga 1 2021/2022 selesai.

Setelah sempat lama dikaitkan dengan Arema FC, Samsul Arif akhirnya memilih bergabung dengan klub promosi, Persis Solo.

 

2 dari 5 halaman

Jelajahi Jawa dan Kalimantan Selatan

Samsul Arif memiliki jalan karier yang menarik. Meski lahir di Bojonegoro, klub pertamanya justru bukan dari Jawa Timur.

Adalah Persikaba Blora yang menjadi klub profesional pertama bagi Samsul Arif. Ia memperkuat klub itu di tahun 2004.

Di sepanjang kariernya ada sembilan klub yang pernah ia perkuat. Mayoritas adalah klub yang berasal dari Pulau Jawa.

Sebut saja Persikaba, Persibo Bojonegoro, Persela Lamongan, Arema, juga Persib Bandung. Ada pula Persita Tangerang, Persebaya Surabaya dan kemudian Persis Solo.

Satu-satunya klub luar Jawa yang pernah diperkuat Samsul adalah Barito Putera. Klub asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan itu dibela Samsul dari tahun 2017 hingga 2020.

 

3 dari 5 halaman

Tidak Pernah Rasakan Pendidikan Sepak Bola yang Layak

Samsul Arif memiliki jalan nasib yang mirip dengan kebanyakan pemain sepak bola Indonesia. Terutama mereka yang mengawali karier di era yang lebih dahulu.

Samsul tidak pernah merasakan pendidikan sepak bola yang layak. Ia sama sekali tidak pernah merasakan bergabung di sebuah Sekolah Sepak Bola (SSB) atau akademi pemain muda, atau semacamnya.

Kemampuan bermain sepak bola yang ada pada diri Samsul datang secara alami saja. Ia pun belajar secara otodidak.

Meski demikian, Samsul justru menjadi pemain yang sangat konsisten. Ia juga dikenal sebagai pemain yang sederhana dan pribadi yang sangat taat dalam beragama.

Selain itu, Samsul Arif juga pernah merasakan bermain untuk Timnas Indonesia. Tercatat, Samsul pernah 17 kali membela Tim Merah-Putih.

 

4 dari 5 halaman

Del Piero Indonesia

Samsul Arif punya julukan yang menarik. Ia kerap disebut sebagai Del Piero-nya Indonesia. Tentu merujuk pada legenda Italia dan Juventus, Alessandro Del Piero.

Julukan itu datang bukan tanpa alasan. Samsul dan Del Piero memang memiliki beberapa kemiripan.

Postur keduanya tergolong kecil untuk ukuran penyerang. Samsul memiliki tinggi 168 cm. Sementara Del Piero hanya enam cm lebih tinggi darinya.

Selain itu, karakter permainannya juga mirip. Keduanya memiliki kelincahan dan kemampuan penyelesaian akhir yang sangat baik.

Satu lagi entah disengaja atau tidak, Samsul kerap melakukan selebrasi yang mirip seperti yang dilakukan Del Piero ketika mencetak gol. Yakni berlari sembari menjulurkan lidah.

5 dari 5 halaman

Posisi Akhir BRI Liga 1 Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer