Sukses


Timnas Indonesia U-23 Gagal Raih Emas SEA Games 2021 karena Tersingkir di Semifinal, Shin Tae-yong: Pemain Takut dan Canggung

Bola.com, Nam Dinh - Timnas Indonesia U-23 kalah dari Thailand di semifinal sepak bola SEA Games 2021 di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022). Tim Garuda Muda kalah 0-1 dalam waktu 120 menit pertandingan setelah bermain tanpa gol pada 90 menit waktu normal.

Kekalahan ini membuat kans Timnas Indonesia U-23 meraih medali emas SEA Games 2021 tertutup. Gol kemenangan Thailand atas Tim Garuda Muda dicetak oleh Weerathep Pomphan pada menit ke-95.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, pun menegaskan kekalahan ini menjadi bahan evaluasi bagi tim asuhannya. Menurutnya, Tim Garuda Muda masih meninggalkan pekerjaan rumah yang besar ketika menghadapi tim-tim level kekuatan yang sedikit lebih tinggi.

"Kekalahan ini memang membuat kami melakukan evaluasi," tegas Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah kekalahan tersebut.

"Sebab, kami tidak bisa mengembangkan permainan ketika bertemu lawan yang sedikit lebih kuat," lanjut pelatih Timnas Indonesia U-23 asal Korea Selatan itu.

2 dari 5 halaman

Meninggalkan Kekecewaan

Permainan apik Timnas Indonesia U-23 yang bermain terbuka dan mampu menyerang lini pertahanan Thailand seakan tak berarti setelah satu tembakan keras Weerathep Pomphan menjadi pembeda dalam pertandingan ini.

Shin Tae-yong pun mengaku kecewa karena tim asuhannya tidak bertanding dengan baik. Fachruddin Aryanto dkk. dinilai seharusnya bisa bermain lepas supaya tidak canggung.

"Kami takut dengan itu dan tidak bisa mengembangkan permainan Timnas Indonesia U-23," ujar Shin Tae-yong.

"Jika kami mampu bermain seperti biasa, pastinya jalannya pertandingan akan menjadi lebih baik," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Perunggu Menjadi Kans Terbaik

Kekalahan dari Thailand membuat Timnas Indonesia U-23 selanjutnya menjalani duel perebutan tempat ketiga atau medali perunggu.

Tim Garuda Muda akan bertemu dengan tim yang kalah dari semifinal lainnya yang mempertemukan tuan rumah Vietnam dan Malaysia yang tengah bertanding saat berita ini diturunkan.

Pertandingan perebutan tempat ketiga sepak bola SEA Games 2021 akan digelar di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam, pada Minggu (22/5/2022) dengan kick-off pukul 16.00 WIB. 

4 dari 5 halaman

Kekuatan Berkurang

Namun, Timnas Indonesia U-23 juga mengalami masalah untuk menatap pertandingan tersebut.

Tiga kartu merah yang diterima Firza Andika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya pada akhir laga kontra Thailand membuat kekuatan tim asuhan Shin Tae-yong akan berkurang dalam laga tersebut.

Rachmat Irianto dan Firza Andika turun dalam laga kontra Thailand sebagai pemain pengganti. Namun, Ricky Kambuaya selama ini adalah andalan Shin Tae-yong di lini tengah.

Siapa yang akan diberikan kepercayaan oleh pelatih asal Korea Selatan itu untuk turun dari awal pertandingan pada Minggu nanti?

5 dari 5 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2021

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Khusus konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer