Sukses


Timnas Indonesia Nyungsep, Kawin dan Asam Urat Jadi Topik Hangat SEA Games 2021 : Bikin Tersenyum Sendiri

Bola.com, Jakarta - Gagal lagi, gagal lagi. Itulah ungkapan sebagian besar warganet +62 setelah Timnas Indonesia gagal melangkah ke babak final SEA Games 2021. Pasukan Shin Tae-yong tersingkir melalui gol tunggal Weerathep Pomphan.

Sepakan kaki kanan Weerathep Pomphan tak sanggup ditahan kiper Timnas Indonesia. Kekalahan 0-1 membuat Timnas Indonesia gagal menyamai pencapaian tiga tahun lalu di SEA Games 2019 Filipina.

Kala itu, Timnas Indonesia merangsek ke babak final, meski harus mengakui keunggulan Vietnam dengan skor 0-3. Bagi Timnas Indonesia, kegagalan ini terasa menyesakkan di tengah euforia hasil di Piala AFF 2020 lalu.

 

2 dari 7 halaman

Langsung Serbu

Selepas pertandingan, warganet Indonesia langsung menyerbu dunia maya. Mereka mengungkapkan beragam perasaan, mulai dari sedih, kritikan sampai melihat sisi positif dari kekalahan kontra Thailand.

Satu yang unik, dari jutaan komentar warganet terkait hasil Timnas Indonesia di SEA Games 2021, ada fenomena tema yang muncul. Setidaknya, ada tiga kata yang mendadak menjadi bahan pembicaraan, yakni 'Kawin' dan 'asam urat'.

Pilihan 'asam urat' menjadi senjata netizen Indonesia menyerbu prilaku para pemain Timnas Thailand. Maklum, setelah mereka unggul, ada saja ulah pasukan Alexandre Polking.

 

3 dari 7 halaman

Kejar Thailand

Intinya, mereka sangat mudah jatuh, lalu seolah-olah cedera parah. Tak heran jika netizen Indonesia kesal, dan meluapkan emosi mereka di ranah dunia maya. Satu di antara contoh datang dari akun @afifnotodewo. Ia mengunggah "Kebiasaan pemain Asia kalo sudah unggul pada pura-pura sakit. Asam urat pada kambuh,".

Setelah itu, penyebutan 'Kawin' juga menjadi pembahasan yang menarik. Tentu saja, kata tersebut merujuk pada sosok kiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan.

Yup, bermain bernomor punggung 1 sekaligus kapten tim tersebut memang menonjol. Penampilannya ciamik di bawah mistar gawang Thailand.

 

4 dari 7 halaman

Pesona Kawin

Ia sukses membendung gelombang serangan Egy Maulana Vikri dkk. Tak hanya itu, aksinya menjadi komandan area pertahanan Thailand mendapat pujian.

Tak heran jika kiper berusia 32 tahun ini menyedot atensi. Beragam unggahan lucu tertuju ke Kawin Thamsatchanan, dan bernuansa positif.

Seperti diketahui, Kawin Thamsatchanan juga menjadi penggawa yang menjadi saksi Thailand menekuk Indonesia dengan skor 4-0 pada leg 1 final Piala AFF 2020. Kini, ia kembali menjadi bukti kalau Tim Merah Putih tak berdaya lagi.

 

5 dari 7 halaman

Banyak Lelucon

Banyak lelucon terkait Kawin Thamsatchanan, yang sudah pasti membuat siapapun yang membaca akan tersenyum. Akun @DaniPrasetyo993 misalnya, justru bertanya apakah Kawin Thamsatchanan sudah kawin.

Pujian setinggi langit meluncur dari @abigaileforsure. "Thailand mainnya 'b' saja, tapi Kawin man of the match," tulisnya. Begitu juga selengekan akun @EsTeh__28, "Tolong, jebolin gawang si kawin,".

Begitu juga unggahan @myfaveisupink, yang menyebut kalau kiper berpostur 183 cm tersebut memang yahud. "Thailand memang ga sekuat biasanya tapi ingatlah masih ada Kawin," tulis cuitan di situs mikroblogging Twitter tersebut.

 

6 dari 7 halaman

Kapan Juara?

Ada juga yang seolah-olah kesal tapi justru memuji Kawin. "Kawn lagii, kawin lagii, nyebelin banget," tulis akun @Dinobirupunyaku. Namun, ada juga yang mengungkapkan rasa kesal yang sebenarnya terhadap penampilan Timnas Indonesia.

"Udah biasa si nonton Timnas Indonesia kalah. Tapi perasaan sedih, kesal gak pernah hilang ya," tulis akun @obhie05. Ucapan bernada nyinyir juga keluar dari akun @48hws,"Apa pendukung Timnas Indonesia nggk boleh berharap ya timnas juara?".

7 dari 7 halaman

Simak Liputan Eksklusif dari Vietnam

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer