Sukses


Cerita SEA Games 2021: Warga Vietnam yang Tergila-gila dengan Liga Inggris

Bola.com, Hanoi - Kepopuleran Liga Inggris tidak terbantahkan. Premier League menjadi kompetisi yang paling menarik di banyak negara, termasuk Vietnam selaku tuan rumah SEA Games 2021.

Masyarakat Vietnam memang identik dengan sepak bola. Istilahnya gila bola. Kegiatan nonton bareng (nobar) kerap digelar di kafe-kafe pinggir jalan.

"Saya suka sepak bola. Saya adalah pendukung Arsenal," kata Thuang, seorang pramusaji restoran hotel di Hanoi kepada Bola.com, Jumat (20/5/2022).

Di tengah gelaran SEA Games 2021, sepak bola kembali menjadi olahraga yang sangat digandrungi masyarakat Vietnam.

Charlie, pramusaji lainnya membenarkan, bahwa warga Vietnam begitu antusias dengan Premier League. Pria bertubuh besar itu mengatakan bahwa sejumlah kafe di Hanoi sudah pasti menyiapkan nobar Premier League pada akhir pekan ini.

"Nanti sudah pasti ada nonton bareng di kafe-kafe Hanoi. Mereka telah rutin menggelar acara seperti itu, terutama Liga Inggris," imbuh Charlie yang menggemari Manchester United.

2 dari 6 halaman

Gila Bola

Masyarakat Vietnam memang sangat menggandrungi olahraga sepak bola. Terutama saat mendukung dengan total kiprah Timnas Vietnam, termasuk di ajang SEA Games 2021 kali ini.

Selain Liga Inggris, masyarakat setempat juga militan dalam mendukung Timnas Vietnam. Belasan hingga puluhan ribu suporter selalu berbondong-bondong ketika tim berjuluk Golden Stars itu berlaga.

Bukti dari gila bolanya warga Vietnam terjadi dalam babak semifinal SEA Games 2021. Masyarakat Kota Nam Dinh memenuhi partai Thailand kontra Timnas Indonesia U-23 pada Kamis (19/5/2022) di Stadion Thien Truong. Padahal, bukan tuan rumah yang bertanding.

3 dari 6 halaman

Persaingan Musim Ini

Liga Inggris akan mempertandingkan pekan terakhir atau ke-38 pada Minggu (25/5/2022). Dua tim masih bersaing untuk menjadi juara. Keduanya adalah Manchester City dan Liverpool.

Namun, Manchester City masih terdepan dalam perburuan trofi Liga Inggris. Tim berjuluk The Citizens itu memiliki 90 poin, unggul sebiji angka dari Liverpool.

Dalam matchday terakhir Premier League, Manchester City akan menjamu Aston Villa sementara Liverpool bakal meladeni perlawanan Wolverhampton Wandereres.

4 dari 6 halaman

Timnas Vietnam ke Final SEA Games 2021

Masyarakat Vietnam sedang dalam euforia tinggi menyambut kiprah Timnasnya di SEA Games 2021. Timnas Vietnam berhasil melaju ke partai final untuk menantang Thailand.

Mereka sukses mengatasi Malaysia di babak semifinal, Kamis (19/5/2022). Gol semata wayang Tien Linh pada babak perpanjangan waktu, cukup membawa Vietnam menang 1-0 atas Malaysia.

Sementara Thailand berhasil menyingkirkan Timnas Indonesia U-23 di semifinal.

5 dari 6 halaman

Jadwal Final SEA Games 2021

Final Cabang Sepak Bola SEA Games 2021

  • Thailand Vs Vietnam
  • Minggu, 2 Mei 2022
  • Stadion My Dinh, Hanoi
  • Pukul: 19.00 WIB
6 dari 6 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2021

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer