Sukses


SEA Games 2021: Kenangan Pahit 3 Kekalahan yang Diderita Timnas Indonesia dari Malaysia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Malaysia pada perebutan perunggu SEA Games 2021, Minggu (22/5/2022). Sejumlah kenangan pahit pernah dirasakan Merah Putih saat bersua negeri tetangga.

Timnas Indonesia U-23 gagal menembus final SEA Games 2021 cabang olahraga sepak bola setelah ditekuk Thailand dengan skor 0-1. Itu adalah kekalahan ke-7 skuad Garuda dari lawan yang sama di babak semifinal.

Malaysia juga merasakan penderitaan yang sama. Anak asuh Brad Maloney ini tumbang 0-1 dari Vietnam, di mana gol juga tercipta pada babak tambahan.

Pertemuan Timnas Indonesia U-23 versus Malaysia bukan kali pertama tersaji. Rivalitas di antara kedua kesebelasan sudah berlangsung berpuluh-puluh tahun, di mana baik Harimau Malaya dan Garuda kerap saling mengalahkan.

Berikut ini Bola.com merangkum tiga kekalahan menyakitkan yang pernah diderita Timnas Indonesia U-23 dari Malaysia.

2 dari 6 halaman

Piala AFF 2010

Euforia dan misteri. Dua kata itu tampaknya tepat untuk menggambarkan kiprah Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Bagaimana tidak, kemenangan telak 5-1 atas Malaysia pada babak grup sama sekali tak membekas pada pertemuan berikutnya di final.

Euforia dan asa masyarakat Indonesia meninggi setelah melihat racikan Alfred Riedl di laga awal penyisihan Grup A begitu menjanjikan. Bagaimana tidak, bila Indonesia langsung menghempaskan busuh bebuyutan, Malaysia, dengan skor telak 5-1 di pertandingan pertama penyisihan grup.

Akan tetapi, misteri ikut tersingkap tatkala Timnas Indonesia ganti dihajar pada final.

Datang dengan motivasi dan semangat tinggi, Indonesia di luar dugaan dikalahkan Malaysia dengan skor 0-3 di leg pertama yang dimainkan di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada 26 Desember 2010.

Lalu pada leg kedua, Timnas Indonesia menang 2-1 lewat gol Nasuha dan M. Ridwan, namun tetap gagal merengkuh gelar juara karena kalah agregat gol 2-4.

 

3 dari 6 halaman

Piala AFF 2012

Timnas Indonesia kembali berkesempatan untuk membalaskan dendam pada final Piala AFF dua tahun sebelumnya di edisi 2012. Apes, Merah Putih justru keok.

Persaingan menuju semifinal dari Grup B Piala AFF 2012 memang sangat menarik. Indonesia memiliki empat poin dari hasil imbang kontra Laos dan kemenangan atas Singapura. Sementara itu, Malaysia dan Singapura sama-sama memiliki tiga poin dari satu kemenangan yang mereka raih dalam dua pertandingan pertama.

Timnas Indonesia yang datang dengan kekuatan terpecah akibat dualisme kepemimpinan, takluk 0-2 dari Malaysia.

 

4 dari 6 halaman

Kualifikasi Piala Dunia 2022

Sekitar 55 ribu penonton memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada 5 September 2019. Ketika itu, ada pertandingan Timnas Indonesia versus Malaysia, dalam partai pertama putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G.

Hasilnya, Timnas Indonesia dipermalukan Malaysia di depan suporternya sendiri. Skuad Garuda kalah dengan skor 2-3.

Timnas Indonesia sejatinya sempat unggul 2-1 pada babak pertama lewat dua gol dari Alberto Goncalves (11', 38'). Namun, pemain Malaysia, Syafiq Rahim berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-65.

Di masa injury time, pemain Malaysia, Mohamadou Sumareh kembali membobol gawang Timnas Indonesia yang dijaga oleh Andritany Ardhiyasa, dan memastikan kemenangan 3-2. Pemain ini juga sebelumnya mencetak gol pada menit ke-36.

5 dari 6 halaman

Jadwal Perebutan Perunggu SEA Games 2021 Cabor Sepak Bola

Malaysia Vs Timnas Indonesia U-23

  • Perebutan medali perunggu SEA Games 2021
  • Minggu, 22 Mei 2022
  • Kick-off: 16.00 WIB
6 dari 6 halaman

Simak Liputan-Liputan Seputar SEA Games 2021 di Bola.com

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

 

 

Khusus konten-konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer