Sukses


Tersisa 14 Nama, Ini Sebaran Pemain Timnas Indonesia Vs Malaysia di SEA Games 2021: Hanya Punya 2 Gelandang

Bola.com, Hanoi - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, sedang pusing tujuh keliling. Shin Tae-yong tengah berpikir untuk memanfaatkan pemain yang tersisa demi menghadapi Malaysia.

Timnas Indonesia U-23 akan berjuang mendapatkan medali perunggu SEA Games 2021. Tim Garuda Muda bakal berduel melawan Malaysia dalam perebutan tempat ketiga di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Minggu (22/5/2022) sore WIB.

Shin Tae-yong hanya punya 14 pemain untuk melawan Malaysia. Pasalnya, Timnas Indonesia U-23 kehilangan lima nama, dengan asumsi Elkan Baggott tidak masuk perhitungan.

Baggott gagal bergabung dengan Tim Garuda Muda di SEA Games 2021. Bek Ipswich Town di kasta ketiga Liga Inggris itu tidak kunjung merapat ke Vietnam.

Lima pemain yang bakal absen membela Timnas Indonesia U-23 adalah Firza Andika, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri, dan Syahrian Abimanyu.

 

2 dari 6 halaman

Hanya Punya 2 Gelandang

Jika Firza, Irianto, dan Kambuaya dalam masa skorsing kartu merah, maka Egy dan Abimanyu tengah mengalami cedera.

Yang paling gawat dalam situasi ini adalah Timnas Indonesia U-23 hanya punya dua gelandang yang dalam kondisi prima. Keduanya adalah Marc Klok dan Marselino Ferdinan.

Sementara itu, Witan Sulaeman dan Saddil Ramdani, masuk ke lis penyerang lantaran lebih sering dimainkan di lini depan, tepatnya sebagai winger.

 

3 dari 6 halaman

Bakal Ubah Formasi

Selama SEA Games 2021, Shin Tae-yong kerap memainkan formasi 4-3-3. Berkaca dari kondisi saat ini, pria asal Korea Selatan itu bisa saja hanya memainkan dua pemain di lini tengah dengan pakem 4-4-2 atau 3-4-3.

Persoalan tidak berhenti sampai di situ. Jika satu di antara Klok atau Marselino mengalami masalah di tengah pertandingan, Shin Tae-yong sudah tidak punya pelapis lagi untuk bermain sebagai gelandang tengah.

 

4 dari 6 halaman

Asnawi Mangkualam Bisa Jadi Opsi

Dalam kondisi darurat, Asnawi Mangkualam dapat dimainkan sebagai gelandang. Maklum, posisi awal pemain berusia 23 tahun itu adalah tukang jagal di lini tengah sebelum perannya diubah oleh mantan pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, sejak lima tahun lalu.

"Awalnya, kami hanya memiliki 18 pemain untuk memulai SEA Games 2021 sebelum Asnawi menyusul. Tiga pemain juga kartu merah dan Egy cedera. Situasi ini membuat kami kesulitan menentukan skuad untuk melawan Malaysia," imbuh Shin Tae-yong.

"Namun, ada proses yang baik dan kemauan para pemain sangat baik. Jadi, pastinya kami bisa melewati situasi sulit ini dengan baik," papar arsitek berusia 53 tahun tersebut.

 

5 dari 6 halaman

Daftar 14 Pemain Timnas Indonesia U-23 Vs Malaysia

Kiper: Ernando Ari, Adi Satrio

Bek: Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Asnawi Mangkualam, Rio Fahmi

Gelandang: Marc Klok, Marselino Ferdinan

Penyerang: Muhammad Ridwan, Ronaldo Kwateh, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Irfan Jauhari

6 dari 6 halaman

Simak Berita SEA Games 2021 di Bola.com

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer