Sukses


Masih Jadi Andalan Bali United pada Usia 38 Tahun, Leonard Tupamahu Bagikan Rahasianya

Bola.com, Denpasar - Tak banyak pemain sepak bola Indonesia yang bisa konsisten menjaga kondisi fisik di usia hampir 40 tahun. Leonard Tupamahu adalah satu dari sedikit pemain itu.

Tahun ini, Leonard sudah berusia 38 tahun. Namun, ia masih bisa berlaga di Liga 1 alias kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Tak hanya itu, Leonard juga jadi andalan di tim besar seperti Bali United. Hebatnya lagi, ia mampu mempersembahkan dua gelar juara liga selama membela klub berjuluk Serdadu Tridatu itu.

Leonard Tupamahu membagikan rahasianya bisa tetap bugar di usia yang terbilang tidak muda lagi di kanal Youtube CAPT Hamka. Menurut Leo, istirahat yang cukup adalah kunci utama ia bisa tetap bugar.

"Istirahat bagus, makan bagus, sama latihan yang bagus. Tiga hal itu nggak boleh hilang. Tapi kadang-kadang pemain bola nggak disiplin di situ. Jadi ya kalau buat saya ya di situ, terutama istirahat," jelasnya.

2 dari 5 halaman

Kurangi Minuman Keras

Ada beberapa kegiatan lagi yang saat ini sudah sangat dikurangi oleh Leonard Tupamahu, yakni begadang atau mengonsumsi minuman keras.

"Begadang itu nggak saya lakukan, miras ya saya kurangi, ngerokok juga saya tidak," tegasnya.

Segala usaha yang dilakukan Leonard Tupamahu itu berbuah hasil. Ia tetap menjadi andalan di Bali United.

Di ajang BRI Liga 1 2021/2022, Leonard Tupamahu bahkan bisa tampil 29 kali. Ia jadi rekan duet yang pas untuk bek asal Brasil yang dimiliki Bali United, William Pacheco.

3 dari 5 halaman

Masih Dibutuhkan

Leonard Tupamahu masih terikat kontrak di Bali United hingga tahun 2023. Leo diperkirakan masih akan memegang peran penting di lini belakang Serdadu Tridatu.

Apalagi Bali United tidak hanya akan berlaga di kompetisi domestik pada musim 2022/2023 nanti. Mereka juga akan berlaga di ajang Piala AFC.

Pada ajang tersebut, Bali United tergabung dalam Grup G. Mereka tergabung dalam satu grup bersama Kedah Darul Aman (Malaysia), Kaya (Filipina), dan Vishaka FC (Kamboja).

Menariknya, Bali United akan menjadi tuan rumah ajang itu. Mereka akan menjamu tiga lawan itu di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

4 dari 5 halaman

Aksi Leo di Bali United

5 dari 5 halaman

Jejak Emas Bali United Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer