Sukses


Kinerja Lini Belakang Timnas Indonesia U-23 Vs Malaysia di SEA Games 2021: Sempat Bikin Deg-Degan!

Bola.com, Hanoi - Target medali emas di SEA Games 2021 memang sudah lepas. Namun, Timnas Indonesia U-23 bisa pulang ke Tanah Air dengan kepala tegak.

Mereka berhasil meraih medali perunggu dari ajang itu. Kemenangan atas Malaysia U-23 di babak adu tendangan penalti, Minggu (22/5/2022) jadi penyebabnya.

Di waktu normal, Indonesia U-23 sempat unggul lebih dulu lewat gol dari Ronaldo Kwateh pada menit ke-68. Namun, Malaysia mampu menyamakan kedudukan di menit ke-81.

Tembakan keras pemain pengganti Hadi Fayyadh sempat membentur Rizky Ridho. Ernando Ari pun tak bisa berbuat banyak.

Indonesia akhirnya bisa meraih kemenangan di babak adu tendangan penalti. Sor 4-3 berhasil diamankan Timnas Indonesia U-23 di babak itu.

2 dari 6 halaman

Lini Belakang Sempat Bikin Deg-Degan

Kemenangan ini tak lepas dari performa lini belakang Timnas Indonesia U-23. Namun, Fachruddin Aryanto dan kolega juga sempat membuat deg-degan para pendukung Timnas.

Beberapa kali mereka tampak salah dalam melakukan koordinasi. Itu sempat terjadi di awal babak pertama. Beruntung, Ernando masih mampu menepis tembakan penyerang Malaysia.

 

3 dari 6 halaman

Petaka Menit 81

Kesalahan koordinasi itu akhirnya berujung petaka di menit ke-81. Berawal dari ketidak sigapan pemain di sisi kiri pertahanan, pemain Malaysia bisa memberikan umpan kepada Hadi Fayyadh.

Fayyadh memang sudah ada di kotak penalti. Namun, di sana ada Marc Klok dan Rizky Ridho, ditambah Alfeandra Dewangga.

Jika mau bergerak lebih cepat saja, salah satu dari mereka bisa memberikan tekanan lebih kepada Fayyadh dan bisa saja mengubah arah tembakan penyerang Malaysia itu.

4 dari 6 halaman

Ernando Ari Tanpa Celah

Satu-satunya pemain belakang Indonesia U-23 yang tampil tanpa celah di laga ini adalah Ernando Ari Sutaryadi. Ernando begitu konsisten di laga ini.

Di waktu normal, ia beberapa kali membuat para pemain Malaysia frustasi. Sebab, berbagai macam upaya yang mereka lakukan bisa ditahan kiper Persebaya ini.

Puncak penampilan Ernando terjadi di babak adu tendangan penalti. Ia bisa menepis dua tendangan pemain Malaysia.

Tak main-main dua pemain yang digagalkan tembakannya itu adalah bintang dari Malaysia. Yakni Hadi Fayyadh dan Lukman Hakim.

5 dari 6 halaman

Susunan Pemain

Malaysia (3-5-2): Rahadiazli Rahalim (kiper), Quentin Cheng, Azrin Afiq, Harith Haiqal (belakang), Azam Azmi, Zikri Khalili, Safwan Mazlan, Mukhairi Ajmal, Azfar Fikri (tengah), Syahir Bashah, Danial Asri (depan)

Pelatih: Brad Maloney (Australia)

Timnas Indonesia U-23 (4-2-3-1): Ernando Ari (kiper), Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga (belakang), Marselino Ferdinan, Marc Klok, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Ronaldo Kwateh (tengah), Irfan Jauhari (depan)

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

6 dari 6 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer