Sukses


PT LIB Mulai Inspeksi Kelayakan Stadion Jelang Musim Baru BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) mulai bersiap menyambut bergulirnya BRI Liga 1 2022/2023. Satu di antaranya adalah dengan mengecek kelayakan stadion yang akan dijadikan markas dari tim peserta.

Inspeksi stadion ini menjadi bagian dari persiapan BRI Liga 1 2022/2023 yang akan kembali menggunakan sistem kandang-tandang. Sejauh ini sudah tiga stadion yang dikunjungi PT LIB sebagai persiapan jelang musim baru.

Inspeksi sudah digelar di Stadion Segiri, Samarinda, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, dan Stadion Brawijaya, Kediri. Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, menyebut tujuan peninjauan ini untuk melihat sejauh mana klub melakukan persiapan dalam menyambut kompetisi musim ini.

"Rencananya semua akan kembali pada format kompetisi home-away. Untuk itulah harus dilakukan serangkaian pengecekan stadion yang akan digunakan oleh klub-klub Liga 1 nantinya," kata Sudjarno.

"Kami melakukannya secara menyeluruh dan detail. Kami juga terus berkomunikasi dengan klub BRI Liga 1 jika terdapat aspek yang harus dibenahi," tegas Sudjarno.

2 dari 5 halaman

Standar Sama

Ada sejumlah acuan dari PT Liga Indonesia Baru yang menjadi perhatian saat melakukan inspeksi stadion untuk BRI Liga 1. Di antaranya aspek lapangan permainan, area media, fasilitas ruangan, safety and security, dan pengecekan lampu stadion.

Selain itu, sisi broadcast juga tak luput dari perhatian. Ini mutlak diperhatikan karena menyangkut kesiapan siaran langsung di stadion yang akan dipakai untuk menyelenggarakan pertandingan.

"Dengan begitu, semua stadion yang akan dipakai, minimal memiliki standar yang hampir sama," tegas Sudjarno.

3 dari 5 halaman

Stadion Baru

Sudjarno menyebut, inspeksi stadion dilakukan terhadap stadion yang sudah terbiasa menggelar laga BRI Liga 1 dan juga stadion baru. Ada beberapa klub yang disebut mendaftarkan stadion baru sebagai kandang untuk musim ini.

Langkah itu dilakukan karena stadion lama yang biasa menjadi kandang sudah rusak dan penuh pembenahan ekstra karena tak digunakan selama hampir tiga tahun. Sudjarno memastikan pengecekan akan dilakukan secara maksimal dan transparan.

"Saat ini, ada beberapa klub yang mendaftarkan stadion baru. Kami harus mengeceknya secara langsung," ucap Sudjarno.

4 dari 5 halaman

Daftar Klub

  1. Arema FC
  2. Bali United
  3. Barito Putera
  4. Bhayangkara FC
  5. Borneo FC
  6. Dewa United
  7. Madura United
  8. Persebaya Surabaya
  9. Persib Bandung
  10. Persija Jakarta
  11. Persik Kediri
  12. Persikabo 1973
  13. Persis Solo
  14. Persita Tangerang
  15. PSIS Semarang
  16. PSM Makassar
  17. PSS Sleman
  18. RANS Cilegon FC
5 dari 5 halaman

Klasemen Akhir BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer