Sukses


Persaingan Kiper Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023: Ernando Ari Ancam Posisi Nadeo?

Bola.com, Jakarta - Tahun 2022 memang menjadi tahun yang padat agenda bagi Timnas Indonesia. Setelah Timnas U-23 berlaga di SEA Games, kini giliran Timnas Indonesia senior yang akan berlaga di babak kualifikasi Piala Asia 2023.

Ajang itu bakal digelar pada Juni mendatang. Tepatnya mulai 8 Juni 2022 dan berakhir pada 14 Juni 2022 mendatang.

Timnas Indonesia tergabung di Grup A. Bersama dengan tuan rumah Kuwait. Ada pula Nepal dan Yordania di Grup itu.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong akan segera memilih skuad yang akan dibawa ke Kuwait bulan depan. Ada satu posisi yang tampaknya akan membuat juru taktik asal Korea Selatan itu sedikit berpikir panjang.

 

2 dari 5 halaman

Pos Penjaga Gawang

Posisi yang dimaksud adalah posisi penjaga gawang. Di posisi itu, Timnas Indonesia memang punya banyak stok kiper hebat.

Terbaru, ada Ernando Ari Sutaryadi yang muncul ke permukaan. Kiper berusia 20 tahun itu tampil impresif di sepanjang SEA Games 2021.

Ernando sangat berpeluang untuk dipanggil ke skuad Garuda. Bahkan, kiper Persebaya itu juga akan memanaskan persaingan untuk menjadi pilihan utama di bawah mistar Indonesia.

Apakah Ernando benar-benar mengancam posisi Nadeo Argawinata sebagai kiper utama Timnas Indonesia senior? Yuk scroll ke bawah untuk membaca analisisnya. 

 

 

3 dari 5 halaman

Nadeo Tetap Nomor Satu

Ernando boleh saja datang dan kian memanaskan persaingan di posisi kiper utama Timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Asia 2023 mendatang. Namun, Shin tampaknya masih akan mempercayakan posisi kiper utama pada Nadeo Argawinata.

Meski masih berusia 25 tahun, Nadeo bisa dikatakan jadi kiper paling berpengalaman yang saat ini beredar di Timnas Indonesia. Sejauh ini, Nadeo sudah punya 10 caps bersama skuad Garuda.

Penampilan terakhir Nadeo bersama Timnas Indonesia juga mengesankan. Itu terjadi di Piala AFF 2020 lalu.

Selain itu, secara fisik dan mental Nadeo juga ada dalam kondisi bagus. Tidak ada alasan bagi Shin Tae-yong untuk tidak memilih kiper Bali United ini jadi kiper nomor satu Indonesia.

 

4 dari 5 halaman

Syahrul, Riyandi, dan Adisatrio Intip Peluang

Selain Ernando dan Nadeo, ada tiga kiper muda lain yang siap mengintip peluang dipanggil. Mereka adalah Syahrul Trisna (Persikabo 1973), Muhammad Riyandi (Persis Solo), dan Muhammad Adisatryo (Persik Kediri).

Syahrul adalah satu dari tiga kiper yang dipakai Shin Tae-yong di ajang Piala AFF 2020 lalu. Penampilan eks kiper PSS Sleman ini lumayan apik ketika diberi kesempatan.

Sementara itu, Riyandi adalah langganan Timnas Indonesia sejak level junior. Ia juga beberapa kali sudah merasakan caps di Timnas senior.

Satu nama lagi yakni Adisatryo baru menunjukkan potensinya belakangan ini. Adi adalah deputi Ernando di SEA Games 2021 lalu.

 

 

5 dari 5 halaman

Kiper Senior Tak Bisa Begitu Saja Dipinggirkan

Ada satu kiper lain yang tak bisa dilupakan begitu saja. Kiper yang dimaksud adalah Muhammad Ridho Djazulie. Dari lima kiper di atas, Ridho memang paling senior (31 tahun).

Usia yang matang itu justru bisa jadi nilai lebih kiper anyar Bali United ini. Ia akan lebih tenang dan matang dalam membaca permainan. Pergerakannya pun akan lebih presisi.

Namun, Ridho sudah sangat lama absen membela Timnas Indonesia. Penampilan terakhirnya bersama Skuad Garuda di laga resmi terjadi di 19 November 2019.

Saat itu Ridho jadi pilihan utama saat Indonesia bertandang ke markas Malaysia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sayangnya di laga itu Garuda kalah 0-2 dari tuan rumah.

Video Populer

Foto Populer