Sukses


Dear Timnas Indonesia, Pati Punya Lapangan Latihan Memadai dan Gratis Kalau Mau Pakai

Bola.com, Pati - Terdapat kejadian menarik ketika Timnas Indonesia hendak menggelar sesi latihan di Stadion Madya Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis 26/5/2022) sore WIB. Sesi latihan gagal terlaksana karena lapangan yang akan digunakan tidak bisa dipakai.

Sedianya, Elkan Baggott dkk. menggelar latihan perdana dalam rangkaian persiapan menuju uji coba kontra Bangladesh. Semua pemain, staf pelatih, sampai kitman yang telah hadir terpaksa batal melakukan latihan.

Sebagai gantinya, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia memberikan instruksi kepada para pemain untuk melakukan jogging di area Stadion Gelora Bung Karno. Alasan yang dikemukakan pelatih asal Korea Selatan itu adalah miskomunikasi.

“Sedikit memalukan saya rasa alasannya. Kami memang mau melakukan latihan di lapangan setelah latihan beban, tapi tadi ada info kalau lapangan sedang dipakai, belum ter-booking. Jadi kami memutuskan untuk mengganti latihan dengan jogging,” ujar Shin Tae-yong di hotel, Kamis (26/5/2022) petang.

“Tapi tidak apa. Kami sekarang latihan conditioning dan besok kami akan mulai kembali latihan di lapangan. Semoga tidak terjadi lagi seperti ini,” katanya melanjutkan.

2 dari 6 halaman

Klarifikasi

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, memberikan klarifikasi mengenai komentar Shin Tae-yong. Ia menegaskan bahwa PSSI sudah melakukan booking di Stadion Madya.

Sebelumnya pada Kamis (26/5/2022), Media Officer PSSI, Bandung Saputra, sudah mengonfirmasi bahwa pihaknya sudah melakukan booking. Hanya ada sedikit miskomunikasi.

Yunus kemudian menambahkan detail mengenai polemik ini. Menurutnya, ada request mendadak dari Shin Tae-yong sehingga Timnas Indonesia tidak bisa menggelar latihan pada waktu yang dimintanya.

"Kami melalui sekretaris timnas Indonesia sudah melakukan booking lapangan seperti yang di-request oleh pelatih Shin Tae-yong. Namun tiba-tiba beberapa jam sebelum latihan Shin Tae-yong minta diubah mendadak dan dipercepat menjadi pukul 17.00 WIB, namun lapangan masih ada yang memakai jadi tidak bisa kami gunakan. Pihak pengelola stadion Madya memberi info adanya pukul 18.00 hingga 20.00 dan ini sudah diinfokan kepada pelatih Shin Tae-yong," kata Yunus dinukil dari laman PSSI.

3 dari 6 halaman

Tidak Jadi Masalah

Kendati batal menggelar latihan di lapangan, Shin Tae-yong tidak merasa ada masalah. Sejak awal pelatih asal Korea Selatan itu memang hanya ingin memberikan latihan conditioning kepada para pemainnya di lapangan.

Akhirnya Shin Tae-yong dengan cepat mengubah menu latihan menjadi jogging mengelilingi GBK dan conditioning di sekitar kolam renang hotel tempat Tim Garuda menginap.

“Tidak terganggu. Tidak ada masalah karena kami memang melakukan latihan pemulihan. Tapi untuk ke depan, semoga tidak terjadi seperti ini lagi,” ujarnya.

4 dari 6 halaman

Tawaran dari Pati

Kabar baik datang dari Pati, Jawa Tengah, yaitu oleh pembina Yayasan Safin Bina Bangsa selaku pengelola Safin Pati Sports School (SPSS) sekaligus operator training center Gelora Soekarno Mojoagung Pati, Saiful Arifin.

Pihaknya mempersilakan Timnas Indonesia untuk menggunakan fasilitas training center di Gelora Soekarno, Desa Mojoagung, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati secara Gratis. Tawaran darinya tentu akan sangat positif bagi Timnas Indonesia.

"Training center Gelora Soekarno  Mojoagung ini sengaja kita bangun agar nama Kabupaten Pati dapat mendunia. Kami akan dengan senang hati, kalau Timnas Indonesia mau menjadikan Gelora Soekarno Mojoagung sebagai tempat pemusatan latihan. Kami akan memberikan layanan secara maksimal, dan gratis tanpa perlu dibayar,” ungkap Saiful Arifin.

5 dari 6 halaman

Fasilitas Memadai

Sebagai informasi, fasilitas training center di Gelora Soekarno Mojoagung Pati memiliki 7 lapangan kelas nasional. Rinciannya, 4 lapangan rumput asli, 2 lapangan sintetis, dan satu lapangan pasir untuk menunjang latihan fisik.

Tak hanya itu, training center Gelora Soekarno di Pati juga dilengkapi dengan gym center serta dilengkapi adanya sekolah formal SMP, SMA hingga universitas. Dengan demikian, pemain sepak bola tetap bisa mendapat pendidikan hingga jenjang universitas.

"Untuk skuat Merah Putih, Gelora Soekarno  Mojoagung Pati milik saya itu silakan dipergunakan untuk TC Timnas Indonesia secara gratis,” tegas Saiful Arifin.

6 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Jadwal terdekat pertama adalah Shin Tae-yong bakal mempersiapkan Timnas Indonesia untuk beruji coba dengan Bangladesh dalam FIFA Matchday di Bandung pada 1 Juni 2022.

Setelah tampil di SEA Games 2021, agenda Timnas Indonesia masih padat. Selain Timnas U-19 yang tampil di Toulon Cup 2022, Indonesia juga harus bersiap untuk tampil di FIFA Matchday pada 1 Juni 2022 mendatang.

Setelah itu, Timnas Indonesia akan tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 di mana Indonesia tergabung di Grup A bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal.

  • 1 Juni 2022 Indonesia vs Bangladesh (FIFA Matchday)
  • 8 Juni 2022 Indonesia vs Kuwait (Kualifikasi 3 Piala Asia 2023)
  • 11 Juni 2022 Indonesia vs Yordania (Kualifikasi 3 Piala Asia 2023)
  • 14 Juni 2022 Indonesia vs Nepal (Kualifikasi 3 Piala Asia 2023)

Video Populer

Foto Populer