Sukses


Menanti Racikan Ampuh Javier Roca untuk Persik di BRI Liga 1 2022/2023

Bola.com, Kediri - Persik Kediri sangat serius membangun tim guna mengarungi BRI Liga 1 2022/2023. Buktinya, mereka sangat royal belanja pemain kategori bintang di semua lini yang dibutuhkan pelatih Javier Roca.

Macan Putih, sebutan Persik Kediri, pun siap mengaum dan mengancam tim-tim mapan pada musim depan. Gebrakan yang dilakukan Persik bakal membut tim lain perlu waspada.

Di awal bursa transfer, geliat Persik tak begitu mencolok. Mereka hanya membeli pemain alumni klub-klub terdegradasi macam Persela dan Persiraja. Ada duo winger Riyatno Abiyoso dan Rahel Radiansyah (Persela) dan M. Rifaldi (Persiraja).

"Tim mereka memang degradasi. Tapi pemain ini secara individu tampil bagus. Dan, kami butuh mereka untuk mengisi posisi di Persik nanti. Jadi kami tak sembarangan beli pemain," dalih Javier Roca, pelatih Persik.

2 dari 8 halaman

Keseimbangan Skuad

Kebijakan ini pun jadi sorotan Persikmania, kelompok pendukung setia Persik. Gerbong berikutnya, Persik masih mengikat pemain bukan kategori bintang macam kiper Kurniawan Kartika Ajie (Arema FC) dan Arsyad Yusgiantoro (PSS).

Berikutnya, juara Liga 2 2019 ini malah mengontrak beberapa darah muda laiknya Jimmy Aronggear (PSBS Biak), dan dua eks Timnas Indonesia U-19 yakni Rendy Juliansyah dan Sutan Zico.

"Kami butuh pemain muda untuk keseimbangan tim. Mereka jadi program Persik beberapa musim ke depan. Saya tak membebani pemain muda, tapi saya ingin mematangkan mereka," tuturnya.

3 dari 8 halaman

Bintang Berdatangan

Namun mendekati masa persiapan, tiga pemain berlevel A diperkenalkan ke publik. Mereka adalah Feri Pahabol (Persipura), Renan Silva (Madura United), dan Rohit Chand (Persija).

Pembelian Renan dan Rohit langsung membungkam cibiran netizen yang sebelumnya mengkritik kebijakan Persik. Pasalnya, Renan dan Rohit merupakan dua legiuner asing yang menyabet gelar Pemain Terbaik Liga 1 edisi 2018 dan 2019.

Persik pun menutup keran pemain baru dengan mendatangkan Fandry Imbiri dari Madura United dan Joanderson de Jesus Assis, eks striker Sao Paulo Brasil.

"Komposisi pemain kami sudah lengkap. Kami siap bersaing di Liga 1 nanti. Target dari manajemen, Persik bisa menembus posisi lima besar musim nanti," kata Javier Roca.

4 dari 8 halaman

Target Tinggi

Pernyataan arsitek asal Cile ini sinyal bahwa Persik siap bersaing di jajaran The Big Five. So, Bali United, Bhayangkara FC, Persib, Persebaya, dan Arema FC harus siap-siap menghadapi tantangan Persik.

Musim ini, Javier Roca diberi otoritas penuh oleh manajemen untuk membangun skuat Persik. Jika diamati, mantan gelandang Persija itu sangat mengutamakan kedalaman tim asuhannya.

Makanya dia mengkombinasi pemain senior dan muda di semua lini. Di posisi bek kanan, Agil Munawar dan Vava Mario Yagalo dilapis Jimmy Aronggear yang didatangkan dari klub Liga 2, PSBS Biak.

5 dari 8 halaman

Perpaduan Pemain Lama dan Baru

Poros pertahanan di bek tengah, Arthur Felix Silva dan Fandry Imbiri didukung dua sosok muda M. Sabilillah dan Risna Prahalabenta. Bek kiri senior, Samsul Arifin dan Dany Saputra siap dibantu Yusuf Meilana.

Sayap kanan Persik mengandalkan duet asal Papua. Feri Pahabol akan jadi mentor juniornya, Jeam Kelly Sroyer. Begitu pula sayap kanan yang dihuni Faris Aditama dan Rahel Radiansyah bakal dilapisi Riyatno Abiyoso.

Gelandang sarat pengalaman, M. Taufiq dan Arthur Irawan juga harus disiapkan figur muda seperti Adi Eko Jayanto, Fitra Ridwan, dan Arsyad Yusgiantoro.

6 dari 8 halaman

Tenaga Muda

Posisi ujung tombak Persik dihuni pemain muda Rendy Juliansyah, Sutan Zico, dan Muhammad Ridwan. Mereka siap berkolaborasi dengan bomber anyar Joanderson de Assis yang baru didatangkan dari Brasil.

"Kompetisi sangat panjang. Saya harus punya kedalaman tim bagus. Makanya, saya melakukan kombinasi pemain senior dan muda. Tapi pemain muda yang pengalaman dan siap pakai, jika suatu saat tim membutuhkan," jelasnya.

7 dari 8 halaman

Daftar Pemain

Daftar skuad Persik di musim 2022/2023:

Kiper: Dikri Yusron, Muhammad Adi Satryo, Kurniawan Kartika Ajie.

Belakang: Agil Munawar, Vava Mario Yagalo, Jimmy Aronggear, M. Sabilillah, Risna Prahalabenta, Fandry Imbiri, Arthur Felix Silva, Samsul Arifin, Yusuf Meilana, Dany Saputra.

Tengah: Jeam Kelly Sroyer, Feri Pahabol, Riyatno Abiyoso, Rahel Radiansyah, Faris Aditama, Adi Eko Jayanto, Arthur Irawan, Rohit Chand, Renan Silva, M. Taufiq, Fitra Ridwan, Arsyad Yusgiantoro, Bagas Satrio.

Depan: Muhammad Ridwan, Rendy Juliansyah, Sutan Zico, Joanderson de Jesus Assis.

8 dari 8 halaman

Intip Posisi Persik Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer