Sukses


Daftar Lengkap Julukan Klub Peserta BRI Liga 1 2022/2023: Didominasi Nama Hewan dan Cerita Sejarah

Bola.com, Jakarta - Kontestan BRI Liga 1 2022/2023 memiliki julukan yang melekat di masing-masing tim. Menariknya, sebagian besar dari mereka menggunakan nama hewan untuk dijadikan nama julukan.

Julukan menjadi barang wajib yang harus dimiliki klub sepak bola. Selain menjadi identitas tambahan, julukan juga bisa jadi penambah semangat bagi para pemain maupun para suporter.

Paling tidak ada 10 klub di BRI Liga 1 yang ada unsur kekuatan hewan pada nama julukan mereka. Menariknya lagi, ada tiga klub yang menggunakan nama macan atau harimau.

Seperti Persija Jakarta dengan Macan Kemayoran, Persik Kediri dengan Macan Putih. Lalu ada Persib Bandung, dengan Maung Bandung.

Ada pula klub yang menggunakan nama binatang yang hanya menjadi binatang endemik di pulau tempat klub tersebut bermarkas. Seperti Borneo FC Samarinda dengan Pesut Mahakam.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Penggunaan Bahasa Inggris

Selain nama binatang, ada pula tren yang belakangan berkembang. Yakni penggunaan Bahasa Inggris sebagai nama julukan.

Sejauh ini ada tiga klub yang melakukannya. Yakni Bhayangkara FC dengan The Guardian. Kemudian ada Dewa United dengan julukan Tangsel Warrior. Ada pula RANS Nusantara FC yang punya julukan Prestige Phoenix.

Kebetulan ketiganya memang klub yang tergolong baru di pentas sepak bola Tanah Air. Mereka juga punya unsur bahasa Inggris pada nama mereka dengan memasukkan kata Football Club (FC) atau United.

3 dari 6 halaman

Kearifan Lokal

Selain dua unsur di atas, ada pula klub yang menggunakan narasi kearifan lokal masing-masing sebagai nama julukan.

PSIS Semarang misalnya yang menggunakan julukan Mahesa Jenar sebagai julukan mereka. Mahesa Jenar merupakan tokoh utama dalam cerita Nagasasra dan Sabukinten karya S.H. Mintardja.

Cerita yang populer tahun 1960 ini mengisahkan tentang sosok mantan prajurit Kasultanan Demak dalam upaya mencari pusaka kerajaan, yakni keris Nagasasra dan Sabukinten.

Kemudian ada Persis Solo yang dikenal memiliki julukan Laskar Sambernyawa. Kata Sambernyawa diilhami dari nama Pangeran Sambernyawa atau sosok Raden Mas Said, yaitu pendiri sekaligus raja pertama Pura Mangkunegaran di Surakarta.

Pangeran Sambernyawa juga telah diakui sebagai pahlawan nasional dalam melawan bangsa penjajah yaitu VOC.

4 dari 6 halaman

Penuh Filosofi

Hal serupa dilakukan Bali United yang memiliki julukan Serdadu Tridatu. Julukan itu berasal dari kata Tridhatu.

Tridatu sendiri merupakan susunan benang dengan nilai filosofis yang dalam dan diyakini oleh umat Hindu memiliki kekuatan. Tri berarti tiga dan Datu berarti elemen atau warna.

Benang Tri Datu adalah benang yang terdiri dari tiga macam warna yaitu: merah, putih, dan hitam. Kebetulan, Bali United memang identik dengan tiga warna itu.

5 dari 6 halaman

Daftar Julukan Klub Peserta BRI Liga 1

  1. Arema FC: Singo Edan
  2. Bali United: Serdadu Tridatu
  3. Barito Putera: Laskar Antasari
  4. Bhayangkara FC: The Guardian
  5. Borneo FC Samarinda: Pesut Mahakam
  6. Dewa United: Tangsel Warrior
  7. Madura United: Laskar Sape Kerrab
  8. Persebaya: Bajul Ijo
  9. Persib: Maung Bandung
  10. Persija: Macan Kemayoran
  11. Persik: Macan Putih
  12. Persikabo 1973: Laskar Padjajaran
  13. Persis: Laskar Sambernyawa
  14. Persita: Pendekar Cisadane
  15. PSIS: Mahesa Jenar
  16. PSM: Juku Eja
  17. PSS: Elang Jawa
  18. RANS Nusantara FC: Prestige Phoenix
6 dari 6 halaman

Tengok Persaingan di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer