Sukses


PSM Hadapi Persik di Piala Presiden 2022, Bernardo Tavares Janjikan Kemenangan

Bola.com, Malang - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, menjanjikan kemenangan ketika tim asuhannya menghadapi Persik Kediri dalam laga terakhir Grup D Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (19/6/2022).

Bagi pelatih asal Portugal itu, sejak awal menjadikan Piala Presiden 2022 sebagai ajang mengukur persiapan PSM Makassar menghadapi Piala AFC 2022 di BRI Liga 1 2022/2023.

Itulah mengapa Bernardo Tavares memastikan bakal menurunkan pemain yang siap untuk meraih tiga poin atas Persik Kediri.

"Mungkin saya akan melakukan rotasi karena ada pemain yang kelelahan atau cedera. Namun, saya tegaskan akan tetap memainkan pemain yang tampil bagus pada dua laga sebelumnya," ujar Bernardo Tavares dalam sesi jumpa pers yang digelar Sabtu (18/6/2022).

Pelatih asal Portugal itu menambahkan dirinya sejauh ini puas dengan perkembangan tim asuhannya, termasuk ketika kalah dari Persikabo 1973 dengan skor 0-1 lewat gol penalti Ryan Kurnia.

Ia menilai ada kemajuan dari penampilan tim asuhannya di pertandingan tersebut, yaitu terciptanya peluang dari berbagai cara.

"Kalau pun gagal berbuah gol, itulah realita sepak bola. Sebagai pelatih, saya tentu akan berusaha membenahi (kelemahan itu)," tutur pelatih PSM Makassar itu.

 

2 dari 5 halaman

Membangun Tim

Seperti pada berbagai kesempatan sebelumnya, Bernardo Tavares kembali mengingatkan bahwa dirinya sedang membangun tim yang lebih baik dari musim lalu, di mana PSM Makassar nyaris mengalami degradasi.

"Jangan lupa juga, ada sejumlah pemain yang tidak memiliki jam terbang karena berasal dari tim Liga 2 dan akademi PSM," ujar Bernardo Tavares.

Terkait dengan kekuatan Persik, Bernardo Tavares enggan berkomentar banyak. Menurutnya, Persik adalah tim bagus dengan memiliki tiga pemain asing berkualitas asal Brasil, yaitu Arthur Felix, Renan Silva, dan Joanderson, serta gelandang asal Nepal, Rohit Chand.

"Seperti PSM, Persik juga tentu ingin menang karena semua tim di grup ini memiliki poin yang sama," ujar sang pelatih.

3 dari 5 halaman

Tekad Pemain

Pada kesempatan yang sama, gelandang PSM Makassar, Rasyid Bakri, yang menemani sang mentor, menegaskan dirinya dan pemain lain berkomitmen untuk meraih kemenangan pada laga nanti.

"Kami akan mengakhiri babak penyisihan grup dengan meraih tiga poin, sekaligus lolos ke 8 besar," ujar Rasyid yang sudah menjadi bagian dari tim senior PSM sejak 2011.

Ketika dimintai komentarnya terkait materi pemain menghadapi persaingan musim depan, pemain kelahiran 17 Januari 1991 ini juga mengungkapkan secara umum lebih baik dari musim lalu, baik pemain lokal maupun asing.

Rasyid pun berharap PSM bisa meraih hasil optimal di Piala Presiden 2022 sebagai modal menghadapi persaingan musim depan.

"Saya mewakili pemain juga berterima kasih kepada suporter PSM yang setia memberikan dukungan," pungkas Rasyid.

 

4 dari 5 halaman

Hasil Grup D Piala Presiden 2022

Venue: Stadion Kanjuruhan, Malang

11 Juni 2022

12 Juni 2022

  • Persikabo 1973 vs Persik Kediri 0-1

15 Juni 2022

  • 16.00 WIB - PSM Makassar vs Persikabo 1973 0-1
  • 20.30 WIB - Persik Kediri vs Arema FC 0-1
5 dari 5 halaman

Jadwal Grup D Piala Presiden 2022

19 Juni 2022

  • 16.00 WIB - PSM Makassar vs Persik Kediri
  • 20.30 WIB - Persikabo 1973 vs Arema FC

Video Populer

Foto Populer