Sukses


Prediksi PSM Vs Persik di Piala Presiden 2022: 3 Poin Jadi Penentu Tiket 8 Besar

Bola.com, Malang - PSM Makassar dan Persik Kediri sama-sama memburu kemenangan saat berhadapan dalam laga terakhir Grup D Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (19/6/2022). Tiga poin menjadi hal krusial karena semua tim di dalam grup ini baru mengoleksi 3 poin dengan selisih gol yang sama, termasuk Persikabo 1973 dan Arema FC.

Itulah mengapa pelatih kedua tim sangat serius mempersiapkan diri untuk mewujudkan target tiga poin. Dari kubu PSM Makassar, Bernardo Tavares menegaskan bakal memainkan materi terbaik timnya.

"Mungkin ada sedikit perubahan dibandingkan laga sebelumnya. Tapi, itu semata karena faktor kebugaran para pemain," tutur pelatih berpaspor Portugal itu.

Bernardo Tavares sudah memberikan sinyal dengan membawa Rasyid Bakri pada sesi jumpa media, Sabtu (18/6/2022). Padahal dalam dua laga sebelumnya, pemain terlama di PSM itu tidak mendapat menit bermain karena memiliki kesempatan istirahat untuk memulihkan cedera lututnya.

Kalau Rasyid tampil sejak menit awal, kemungkinan ia menggantikan peran Akbar Tanjung sebagai gelandang jangkar PSM Makassar bersama M. Arfan. Sementara satu gelandang lainnya, Wiljan Pluim lebih fokus melayani striker utama, Everton Nascimento.

2 dari 5 halaman

Masih Punya Peluang

 

Tak hanya di lini tengah, bek kiri PSM Makassar, Samuel Simanjuntak, bakal diparkir karena mengalami cedera ringan. Perannya bakal dilakoni oleh Yance Sayuri dan memberikan kesempatan kepada Dallen Doke untuk unjuk kemampuan.

Bernardo Tavares juga tengah mempertimbangkan untuk memainkan stoper Erwin Gutawa untuk mendampingi Yuran Fernandes. Seperti diketahui, pada dua laga sebelumnya, Bernardo Tavares lebih memilih Safruddin Tahar sebagai duet untuk Yuran.

Bernardo menambahkan hasil sementara Grup D Piala Presiden 2022 terbilang unik karena semua tim masih memiliki peluang yang sama.

"Jadi jalan terbaik buat PSM adalah fokus mengalahkan Persik. Jika gagal menang, baik kalah maupun hanya bermain imbang, kami akan bergantung kepada hasil Arema FC vs Persikabo," ujar Bernardo.

3 dari 5 halaman

Janji Javier Roca

 

Seperti PSM Makassar, Persik Kediri mengusung tekad yang sama. Pelatih tim Macan Putih, Javier Roca, malah menegaskan tim asuhannya memburu kemenangan dengan menyajikan permainan yang cantik. Satu di antaranya adalah berusaha unggul dalam penguasaan bola.

"Saya akan mempersiapkan materi terbaik menghadapi PSM. Tidak ada pemain yang cedera," ujar Javier Roca.

Javier Roca pun menegaskan dirinya tidak akan menginstruksikan pemainnya agar mengawal khusus Wiljan Pluim, kapten sekaligus motor serangan tim berjulukan Juku Eja itu. Meski diakuinya, perang gelandang asal Belanda itu adalah ruh permainan PSM.

"Saya hanya meminta pemain agar memutus koneksi bola ke Wiljan Pluim dan membuatnya tidak nyaman. Saya yakin PSM juga akan melakukan hal yang sama kepada Renan Silva," ujar Javier Roca.

 

4 dari 5 halaman

Analisa Permainan PSM

Javier Roca juga mengaku sudah menganalisa penampilan PSM Makassar di Piala Presiden 2022 melalui video rekaman. Hasilnya, pelatih asal Chile itu menilai permainan PSM sedikit berbeda dibandingkan musim lalu.

Menurutnya, penampilan PSM lebih efektif dengan mengandalkan kecepatan kedua penyerang sayapnya, yaitu Yakob Sayuri dan Rizky Eka Pratama yang terus disuplai umpan akurat Wiljan Pluim.

 

5 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

  • PSM Makassar (4-2-3-1): Reza Arya Pratama (kiper); Yance Sayuri, Yuran Lopes, Safrudin Tahar, Dallen Doke (belakang); Muhammad Arfan,Rasyid Bakri; Rizky Eka Pratama, Wiljan Pluim, Yakob Sayuri (tengah); Everton Nascimento (depan)
  • Pelatih: Bernardo Tavares
  • Persik Kediri (4-4-3): Kartika Ajie (kiper); M. Rifaldi, Arthur Felix, M. Fisabillah, Samsul Arifin (belakang); Taufik, Rohit Chand, Renan Silva, Faris Aditama (tengah); M Ridwan, Joanderson (depan).
  • Pelatih: Javier Rocha

Prediksi Bola.com: 50-50

Stadion Kanjuruhan, Malang

Minggu, 19 Juni 2022.

Kick Off 16.00 WIB

Live: Indosiar dan Vidio

Video Populer

Foto Populer