Sukses


Distribusi Klub Penyumbang Pemain di Timnas Indonesia U-19: Persija Terbanyak, Disusul Persis dan PSM

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 di bawah naungan Shin Tae-yong sudah mulai menjalani pemusatan latihan di Jakarta, untuk persiapan menghadapi ajang Piala AFF U-19 2022.

Sebanyak 30 nama pemain masuk dalam daftar Timnas Indonesia U-19, untuk berlatih selama 10 hari sejak, Senin (21/6/2022) kemarin.

Dalam daftar yang dirilis oleh PSSI, ada 2 nama pemain yang tidak disebutkan asal klubnya, yakni Ahmad Rusadi dan Dimas Juliono. Sementara pemain lain datang tersebar dari banyak klub terutama kontestan BRI Liga 1.

Adapun Timnas Indonesia U-19 akan bersaing di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Venue pertandingan dipusatkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, mulai tanggal 2 hingga 15 Juli 2022 mendatang.

2 dari 8 halaman

Proyek Jangka Panjang

Para pemain yang sudah dipanggil dalam pemusatan latihan ini juga akan diproyeksikan untuk tampil di Kualifikasi Piala AFC U-20 dan Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Sejumlah nama sudah tidak asing lagi, setelah tampil memukau sepanjang tahun 2021 dan 2022 ini. Sebut saja Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh yang menjadi aset penting bagi tim Merah-putih.

Keduanya sudah lintas kelompok usia di Timnas Indonesia. Baik Marselino dan Ronaldo pernah merasakan persaingan di Timnas U-19, U-23 di SEA Games 2021, hingga Timnas Indonesia senior.

3 dari 8 halaman

Macan Kemayoran Terbanyak

Persija Jakarta kembali menyumbangkan banyak pemain untuk Timnas U-19 Indonesia. Enam nama penggawa Macan Kemayoran dipanggil oleh Shin Tae-yong.

Enam pemain yang dipanggil itu, yaitu Radzky Syahwal Ginting (bek), Cahya Supriadi (kiper), M Ferrari (bek), Alfriyanto Nico Saputro (winger), Raka Cahyana Rizky (striker) dan Razzaa Fachrezi Aziza (striker).

Satu dari enam pemain tersebut, nama Alfriyanto Nico paling kenyang pengalaman di Persija, dengan menembus skuad utama sejak gelaran BRI Liga 1 musim lalu.

4 dari 8 halaman

Lama Menyatu

Mereka adalah pemain yang kemampuannya pernah dilihat secara langsung oleh Shin Tae-yong saat mengikuti pemusatan latihan di Turki pada Oktober 2021. Sebut saja Alfriyanto Nico, Cahya Supriadi, Muhammad Ferarri, Radzky Syawal Ginting, dan Raka Cahyana Rizky.

Sementara itu, Resa Aditya Nugraha merupakan pemain eks Timnas Indonesia U-16. Shin Tae-yong tentu tak perlu meragukan kualitas dari mantan anak asuh Bima Sakti itu karena Resa Aditya sering jadi andalan di Timnas U-16.

Adapun untuk Syukran Arabia Samual, Shin Tae-yong sepertinya penasaran dengan kualitasnya di lapangan. Maklum, Syukran Arabia Samual merupakan pemain yang pernah berkarier di Leganes U-16.

Hanya Razzaa Fachrezi Aziz yang jadi wajah baru dalam pemanggilan ke Timnas Indonesia U-19. Namun, Shin Tae-yong diyakini juga punya alasan khusus memanggil pemain muda Persija Jakarta itu.

5 dari 8 halaman

Pembinaan Persis Solo

Tim promosi BRI Liga 1, Persis Solo ternyata menjadi klub dengan penyumbang terbanyak kedua untuk Timnas Indonesia U-19 kali ini. Proye Persis Youth sudah terlihat hasilnya dengan mengirim 5 pemainnya untuk tim Garuda muda.

Mereka adalah Dimas Maulana (Kiper), Erlanga Setyo (Kiper), Althaf Indie Alrizky (gelandang), Marcell Januar Putra (bek), dan Zanadin Faris (gelandang).

6 dari 8 halaman

Dapat Jam Terbang

Nama Zanadin Fariz yang mendapat sorotan setelah melakoni aksi memukau di ajang Piala Presiden 2022. Ia sudah dua kali tampil untuk Persis, dan aksi paling mengesankan adalah melewati tiga orang pemain PSS di tengah lapangan.

Sementara Marcell Januar sebenarnya sudah lama berada di Timnas Indonesia kelompok usia, dan kini mendapat kepercayaan lagi. Althaf Alrizky juga tidak dapat dianggap remeh, ia sudah dijajal pelatih Persis Solo, Jacksen Tiago dalam uji coba maupun di ajang Piala Presiden 2022.

Adapun kiper Erlangga Setyo sudah menjadi bagian dari Persis sejak di Liga 2 musim lalu. Kiper bertubuh jangkung tersebut sebelumnya mendapat pengalaman besama Persib Bandung.

7 dari 8 halaman

Wakil Juku Eja

PSM Makassar turut menyumbang banyak pemain untuk Timnas Indonesia U-19 kali ini. Sebanyak tiga pemain muda dari tim Juku Eja dipanggil Shin Tae-yong.

Ketiga pemain tersebut ialah Edgard Amping (bek kiri), Muhammad Rafli Asrul (gelandang), dan Ricky Pratama (striker). Mereka dijadwalkan mengikuti pemusatan latihan mulai Senin (20/6).

Ketiganya juga sudah menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia U-19 di ajang turnamen Toulon Cup 2022 beberapa waktu lalu. Pengalaman dan potensinya akan sangat membantu kiptah tim Merah-putih di Piala AFF U-19 2022 nanti.

8 dari 8 halaman

Daftar 30 Pemain Timnas Indonesia U-19

1. Ahmad Rusadi

2. Alexandro Felix Kamaru- Barito Putera

3. Alfriyanto Nico - Persija

4. Althaf Indie - Persis Solo

5. Arkhan Fikri - Arema

6. Cahya Supriadi - Persija

7. Dimas Juliono

8. Dimas Maulana - Persis Solo

9. Edgard Amping - PSM Makassar

10. Erlangga Setyo - Persis Solo

11. Ferdiansyah Cecep - Persib Bandung

12. Frezy Al Hudaifi - Bhayangkara

13. Hokky Caraka - PSS Sleman

14. Kadek Arel - Bali United

15. Kakang Rudianto - Persib Bandung

16. Marcell Januar - Persis Solo

17. Marselino Ferdinan - Persebaya

18. Mikael Alfredo - Waanal Bintuka

19. Muhammad Faiz - Bina Taruna

20. Muhammad Ferarri - Persija

21. Muhammad Rafli Asrul - PSM Makassar

22. Rabbani Siddiq - Borneo

23. Radzky Syahwal - Persija

24. Raka Cahyana - Persija

25. Razzaa Fachrezi - Persija

26. Ricky Pratama - PSM Makassar

27. Ronaldo Kwateh - Madura United

28. Subhan Fajri - Dewa United

29. Yogi Hermawan - Barito Putera

30. Zanadin Fariz - Persis Solo

Video Populer

Foto Populer