Sukses


Piala AFF U-19: Shin Tae-yong Memohon Suporter Timnas Indonesia U-19 Setop Menyalakan Petasan dan Flare

Bola.com, Jakarta - Euforia dan antusiasme suporter mewarnai Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, saat Timnas Indonesia U-19 berhadapan dengan Vietnam dalam laga perdana Piala AFF U-19, Sabtu (2/7/2022). Sayang, Shin Tae-yong menyayangkan adanya flare dan petasan.

Timnas Indonesia U-19 bermain imbang 0-0 kontra Vietnam. Kedua kesebelasan saling jual beli serangan sejak menit pertama hingga pertandingan selesai.

Tambahan satu poin membuat Timnas Indonesia U-19 untuk sementara menempati posisi keempat klasemen Grup A Piala AFF U-19 di bawah Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

Kendati begitu, Timnas Indonesia U-19 masih sangat berpeluang untuk memperbaiki posisi mereka di klasemen Grup A Piala AFF U-19. Berikutnya, Marselino Ferdinan dkk. akan meladeni perlawanan Brunei Darussalam.

 

2 dari 5 halaman

Petasan Mengganggu

Shin Tae-yong berterima kasih kepada seluruh suporter yang hadir memberikan dukungan langsung kepada Timnas Indonesia U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga. Hanya saja, ia menyayangkan adanya flare di menit-menit akhir pertandingan.

Menurut pelatih asal Korea Selatan tersebut, selain mengurangi fokus pemain, ia mengingatkan sanksi FIFA karena adanya petasan dan flare pada laga tersebut

"Pertama-tama memang saya berterima kasih kepada fans karena sudah mendukung kami, tetapi petasan di menit terakhir itu akan mengurangi fokus para pemain kami, jadi kami memohon agar tidak dilakukan lagi," kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

"Apalagi dari FIFA ada sanksi besar dan keras, jadi saya mohon untuk mengubah budaya dari fans sedikit demi sedikit agar tetap semangat memberikan dukungan pada kami," ujarnya lagi.

 

3 dari 5 halaman

Marselino Bisa Jaga Konsentrasi

Berbeda dengan pelatihnya, Marselino Ferdinan cenderung bisa memaklumi euforia penonton Timnas Indonesia U-19. Ia juga merasa kalau hal tersebut masih bisa membuatnya tetap fokus.

"Dari pemain, ada petasan atau flare tidak terlalu mengganggu, karena kita fokus di pertandingan," ujar Marselino.

"Kami tidak terlalu menggubris itu karena ada pihak-pihak yang bisa memenangkan fans yang menyalakan flare dan petasan itu," katanya lagi menambahkan.

4 dari 5 halaman

Pemain Sudah Berusaha Sekuat Tenaga

Pelatih Shin Tae-yong menegaskan, pemain Timnas Indonesia U-19 sudah bekerja keras untuk mencetak gol. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu memaklumi hasil pertandingan yakni 0-0.

"Seperti apa yang dilihat suporter, para pemain kami memang sudah bekerja keras. Begitu juga dengan pemain Vietnam," kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

"Oleh karena itu, memang banyak pemain mengalami kram pada laga ini. Laga pertama pada suatu turnamen biasanya sulit, akan tetapi performa pemain saya bisa katakan bagus," ucap Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Jadwal Berikutnya

Video Populer

Foto Populer