Sukses


Piala AFF U-19 2022: Peran Sentral Marselino Ferdinan, Ruh Lini Tengah Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - Marselino Ferdinan kembali menampilkan performa impresif buat Timnas Indonesia U-19 saat berhadapan dengan Brunei Darussalam pada lanjutan Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-19 menang telak 7-0 pada pertandingan yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7/2022). Hokky Caraka mencetak empat gol, sementara Kakang Rudianto menciptakan dua assist.

Hebatnya lagi, Hokky Caraka mencatatkan lima shots on target, yang artinya dia cuma gagal sekali dan sisanya berbuah gol. Sementara Kakang Rudianto, berdasarkan laporan lapangbola.com, mengoleksi tiga kreasi serangan, yang terbanyak di antara pemain lainnya.

Kendati demikian, sosok Marselino Ferdinan tak bisa dipisahkan pada pertandingan kontra Brunei Darussalam. Untuk kali ke sekian, sang gelandang kembali menunjukkan betapa pentingnya ia buat Timnas Indonesia U-19.

 

2 dari 5 halaman

Ruh Lini Tengah

Bermain di belakang striker, Marselino Ferdinan nyatanya sering turun ke bawah untuk memulai build up serangan. Padahal Timnas Indonesia U-19 memiliki dua gelandang sentral, yakni Muhammad Rafli Asrul dan Arkhan Fikri.

Agaknya, Shin Tae-yong memiliki instruksi khusus kepada Marselino untuk mengontrol dan menjadi pivot serangan Timnas Indonesia U-19. Tak ada assist yang ia cetak, tapi enam gol yang bersarang pada babak pertama adalah bukti kepiawaiannya di lini tengah.

Setelah ditarik keluar, permainan tim menjadi kurang greget. Rafli Asrul cenderung memainkan bola-bola panjang, berbeda dengan Marselino yang lebih suka aliran bola dari kaki ke kaki.

 

3 dari 5 halaman

Setelah Ditarik Keluar Cuma Satu Gol

Mungkin Brunei Darussalam sanggup memberbaiki penampilannya pada babak kedua, sehingga Timnas Indonesia U-19 cuma bisa mencetak satu gol setelah Marselino Ferdinan digantikan pemain lain.

Tapi ini menandakan betapa pentingnya keberadaan pemain Persebaya Surabaya itu di sektor tengah. Saat bersua Vietnam, ia mampu membukukan 24 passing sukses, empat tekel, dan empat intersep dalam 65 menit.

4 dari 5 halaman

Statistik Timnas Indonesia U-19 Vs Brunei Darussalam

5 dari 5 halaman

Klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022

  • 1. Thailand 6 Poin
  • 2. Timnas Indonesia U-19 4 Poin
  • 3. Vietnam 4 Poin
  • 4. Myanmar 3 Poin
  • 5. Filipina 0 Poin
  • 6. Brunei Darussalam 0 Poin

Video Populer

Foto Populer