Sukses


Stadion Manahan Jadi Venue APG, Persis Bakal Ngungsi di Pekan Pertama Liga 1 2022/2023?

Bola.com, Solo - Persis Solo kemungkinan bakal mengungsi untuk sementara pada pekan pertama Liga 1 2022/2023. Jika mengacu jadwal, tim Laskar Sambernyawa (julukan Persis) akan menjamu Dewa United di Stadion Manahan, Senin (25/7/2022).

Akan tetapi, pada waktu yang hampir bersamaan, Stadion Manahan yang menjadi markas Persis Solo digunakan untuk venue ASEAN Para Games 2022. Diketahui kota Bengawan menjadi tuan rumah APG XI 2022 mulai 27 Juli mendatang.

Kota Solo menjadi tuan rumah untuk pesta olahraga penyandang disabilitas se-Asia Tenggara mulai 30 Juli 2022 dan berakhir pada 6 Agustus 2022. Sementara Stadion Manahan akan menjadi tempat pembukaannya nanti.

2 dari 6 halaman

Pernyataan Wali Kota Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memberikan pernyataan bahwa pelaksanaan APG XI 2022 di Stadion Manahan harus steril dari kegiatan lain.

Stadion berkapasitas 20 ribu penonton tersebut juga akan menjadi venue untuk cabang olahraga Atletik dan dimulai pada 27 Juli 2022, atau hanya berselang dua hari setelah jadwal pertandingan Persis kontra Dewa United.

“Nanti pertandingan Liga 1 di Stadion Manahan Solo ditunda sebentar saja. APG kan cuma dua minggu saja,” ungkap Gibran.

3 dari 6 halaman

Steril

Pria yang juga Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc) tersebut menambahkan, seluruh venue pertandingan yang jumlahnya mencapai belasan, harus steril dari agenda apapun.

“Nanti ada sterilisasi seminggu sebelum APG. (Stadion Manahan) kami pakai untuk atletik dulu. Persis Mengalah dulu. Bisa cari stadion lain. Kalau mungkin bisa, ya nanti dilihat dulu,” lanjut Gibran.

4 dari 6 halaman

Cari Stadion Alternatif

Kabar ini tentunya menjadi problem bagi Persis Solo yang akan melakoni petualangannya di Liga 1. Tim pujaan Pasoepati dan Surakartans bakal mencari stadion lain untuk alternatifnya.

Apalagi, anak asuh Jacksen F Tiago sudah sangat nyetel di Stadion Manahan. Meski pada ajang pramusim, Persis Solo belum mampu mendapat hasil yang diharapkan.

Persis Solo diketahui baru saja menyelesaikan Piala Presiden 2022 dengan hasil minor. Menjadi juru kunci grup A padahal berstatus sebagai tuan rumah. Dengan raihan dua hasil imbang dan dua kali kalah.

5 dari 6 halaman

Banyak Opsi

Terkait stadion pengganti, manajemen bisa memilih meminjam ke sejumlah klub tetangga. Mulai dari Stadion Moch Soebroto Magelang, Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion Kebo Giro Boyolali, atau Stadion Wilis Madiun.

Saat dikonfirmasi terkait stadion alternatif, manajemen Persis belum bisa memberi kepastian. “Kami menunggu dulu,” ujar singkat Media Officer, Persis Solo Bryan Barcelona.

Sementara itu, periode musafir Persis mungkin hanya berjalan singkat. Karena di matchday kedua dan ketiga, Samsul Arif dkk harus tampil di kandang lawan. Tepatnya saat dijamu Persija Jakarta, Minggu (31/7/2022). Disusul dengan lawatan ke markas Persikabo 1973, Minggu (7/8/2022).

6 dari 6 halaman

Yuk Intip Persaingan Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer