Sukses


Perburuan Top Skorer Piala Presiden 2022: Tren Positif Matheus Pato

Bola.com, Jakarta - Piala Presiden 2022 sudah berada pada fase semifinal. Empat tim yakni Arema FC, PSIS Semarang, Borneo FC dan PSS Sleman berjuang keras untuk meraih tiket laga final.

Pada leg pertama semifinal Piala Presiden 2022, Kamis (7/7/2022), Arema FC dan Borneo FC sama-sama meraih kemenangan di kandang lawan. Arema menekuk PSIS di Stadion Jatidiri dengan skor 2-0. Sedang Borneo juga melibas PSS dua tanpa balas di Stadion Maguwoharjo.

Sesuai jadwal, leg kedua semifinal Piala Presiden 2022 bakal digelar, Senin (11/7/2022). Tak hanya perebutan trofi juara yang berlangsung sengit, persaingan menjadi pencetak gol terbanyak juga tak kalah seru.

2 dari 6 halaman

Persaingan Sengit

Sampai saat ini, tercatat dua stiker yang sama-sama mengoleksi lima gol yakni Carlos Fortes (PSIS) dan Matheus Pato (Borneo FC). Di belakang keduanya, ada Stefano Lilipaly (Borneo FC) dan Rafael Silva (Barito Putera) dengan tiga gol.

Dihubungi Bola.com, Jumat (8/7/2022), eks bek sayap PSM Makassar, Yusrifar Djafar, menyebut Matheus Pato yang paling berpeluang menjadi top skorer di Piala Presiden 2022.

Ia merujuk pencapaian Pato yang selalu mencetak gol pada empat laga terakhir Borneo FC. Termasuk memborong dua gol kemenangan Borneo FC atas PSS Sleman pada leg pertama semifinal.

"Produktivitas gol Pato menunjukkan tren positif. Apalagi Borneo berpeluang melangkah ke final setelah menang dikandang PSS," ujar Yusrifar yang pernah membawa PSM meraih juara Piala Perserikatan 1992 dan Liga Indonesia 1999/2000 ini.

3 dari 6 halaman

Carlos Fortes Bisa Gacor Lagi

Sebaliknya dengan Fortes. Dalam dua laga terakhirnya bersama PSIS, striker berpaspor Portugal gagal mencetak gol. Mengacu pada kekalahan PSIS atas Arema pada Leg I semifinal, peluang Fortes menambah gol kian kecil.

Butuh kerja keras buat Fortes dan PSIS membalikkan keadaan di kandang Arema, 11 Juli mendatang.

"Fortes bisa saja mencetak gol ke gawang Arema pada leg II nanti. Tapi, kalau PSIS gagal ke final, maka peluang menjadi top skorer tetap ada pada Pato," terang Yusrifar.

4 dari 6 halaman

Peluang Stefano Lilipaly

Bukan tanpa alasan Yusrifar optimis Borneo melangkah ke final Piala Presiden 2022. Selain memiliki modal kemenangan 2-0 di leg I, Borneo dikenal sulit dikalahkan bila bermain di Stadion Segiri, Samarinda.

Kalau Borneo berhasil melaju ke final dan PSIS gagal, sejatinya Stefano Lilipaly juga berpeluang mengejar Pato. Penampilan Fano, sapaan akrabnya, juga terbilang signifikan.

Eks Bali United ini membuktikan diri, Borneo tak salah merekrutnya. Dengan asumsi masih ada tiga laga sisa (termasuk dua laga final), Fano bisa saja menambah golnya.

"Fano hanya tertinggal dua gol dari Fortes dan Pato. Kalau melihat aksinya yang agresif di setiap laga Borneo, bisa saja Fano membalikkan keadaaan," pungkas Yusrifar.

5 dari 6 halaman

Daftar Pencetak Gol Piala Presiden 2022

Daftar Top Skorer Sementara Piala Presiden 2022:

  • 5 gol: Carlos Fortes (PSIS), Matheus Pato (Borneo FC)
  • 3 gol: Stefano Lilipaly (Borneo FC), Rafael Silva (Barito Putera)
  • 2 gol: Hari Nur Yulianto (PSS), Karim Rossi (Dewa United)
6 dari 6 halaman

Intip Persaingan di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer