Sukses


Usia 39 Tahun Masih Ikut Liga 1 2022 / 2023, Bek Senior Bali United Ini Mengidolai Paolo Maldini

Bola.com, Jakarta - Sabtu (09/07/2022) kemarin, bek senior Bali United, Leonard Tupamahu merayakan hari lahirnya dengan usia yang baru yaitu 39 tahun.

Puluhan tahun berkecimpung di sepak bola, tentunya sosok Leo-sapaan akrab Leonard Tupamahu mempunyai pemain anutan.

Ayah dari seorang putri ini pun menceritakan pemain senior lain yang menjadi panutannya. Karier panjang dan konsistensi sosok idolanya tersebut tentu memberi motivasi lebih bagi Leo.

"Paolo Maldini adalah salah satu role model saya. Kalau di Indonesia ada banyak sekali, seperti Mas Bima Sakti, Pierre Njangka, Mas Putu Gede, dan Mas Kuncoro," kata Leo.

"Saya pikir mereka adalah senior-senior yang bisa bermain cukup lama, seperti Bang Ponaryo juga yang bisa bermain hingga di usia 38 tahun. Saya pikir ini contoh-contoh untuk saya," lanjutnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Usia Hanya Angka

Leonard Tupamahu berhasil membuktikan bahwa usia hanyalah sekadar angka baginya. Dua gelar juara Liga 1 musim 2019 dan edisi 2021/2022 menjadi buktinya.

Leo memberi teladan bahwa usia bukanlah penghalang bagi siapapun untuk terus berkarya dan jangan menjadi alasan mengubur mimpi. Justru sebaliknya, jadikan sebagai pembuktian bahwa entah tua maupun muda, semua bisa asalkan berusaha.

3 dari 5 halaman

Optimistis

Dengan modal latihan keras serta sederet pengalamannya mengarungi liga Indonesia, Leo pun tetap optimis mampu memberikan yang terbaik. Targetnya adalah membantu Bali United merengkuh lebih banyak lagi gelar juara.

"Saya pikir ini bagus untuk saya menjawab tantangan suporter, mungkin manajemen, dan netizen lain. Jujur, saya lebih termotivasi untuk menunjukkan bahwa saya masih mampu dan bisa membantu tim ini menjadi juara lagi," sambung Leo yakin.

4 dari 5 halaman

Sosok Kharismatik

Leonard Tupamahu merupakan sosok yang kharismatik dengan usia yang tidak muda lagi. Tidak hanya di atas lapangan, tetapi juga di luar lapangan. Sederet tim di Indonesia pernah dibela bek tengah ini sejak tahun 2001.

Ia memulai debut profesionalnya bersama Persija dan kemudian malang melintang ke-10 klub lain selama total 21 tahun kariernya. Kini, ia menjadi salah satu pemain andalan dalam skuad Serdadu Tridatu.

Sejak didatangkan dari Borneo FC pada tahun 2019 lalu, Leo konsisten tampil baik. Total, pemilik nomor punggung 32 ini telah tampil sebanyak 67 kali bersama Bali United di semua ajang dan mencetak 1 gol dan 2 assist.

5 dari 5 halaman

Di Mana Posisi Bali United Saat Akhiri Liga 1 2021/2022?

Video Populer

Foto Populer