Sukses


Cuek dengan Surat Protes PSSI, VFF Sebut Vietnam Layak ke Semifinal Piala AFF U-19 2022

Bola.com, Hanoi - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) santai menanggapi surat protes PSSI ke Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) terkait tudingan tak sportif pada laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022. Sekjen VFF, Le Hoai Anh, menegaskan Vietnam pantas lolos karena sudah bermain bagus.

Laga Vietnam melawan Thailand di Piala AFF U-19 2022 mendapatkan sorotan publik. Penyebabnya karena kedua tim terlihat bermain secara tidak sportif dan diyakini sengaja main aman untuk bisa sama-sama lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-19 akhirnya menjadi tumbal dari pertandingan tersebut. Pasukan Shin Tae-yong tersingkir karena kalah head to head dari Vietnam dan Thailand yang bermain imbang 1-1.

PSSI kemudian mengirimkan surat protes ke AFF pada Senin (11/7/2022). PSSI berbekal bukti rekaman pertandingan secara utuh dan momen 10 menit terakhir yang diyakini jadi kunci kuat akan tuduhan tersebut.

2 dari 5 halaman

Pantas ke Semifinal

Sekjen VFF, Le Hoai Anh, menyebut pihaknya belum mengetahui terkait surat protes yang dikirimkan PSSI ke AFF. VFF tak ingin ambil pusing karena Timnas Vietnam U-19 disebut sudah bermain bagus sepanjang turnamen.

"Hingga saat ini, kami belum menerima informasi resmi tentang pengaduan Indonesia terhadap pertandingan Vietnam lawan Thailand," ucap Le Hoai Anh seperti dikutip Soha.

"Vietnam sudah bermain bagus dan pantas memenangi tiket ke semifinal," tegas Le Hoai Anh.

3 dari 5 halaman

Diguyur Bonus

Skuad Vietnam U-19 mendapatkan bonus setelah lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengguyur pasukan Dinh The Nam dengan uang 300 juta dong (Rp320 juta).

Menurut laporan Zing, pemberian bonus dilakukan VFF karena puas dengan pencapaian Timnas Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022. Vietnam lolos ke semifinal sebagai juara Grup A.

Catatan tak terkalahkan sepanjang fase grup Piala AFF U-19 2022 menjadi pencapaian terbaik Vietnam sejauh ini. Vietnam kini akan menghadapi Malaysia pada laga semifinal yang digelar Rabu (13/7/2022).

4 dari 5 halaman

Ditembuskan ke AFC dan FIFA

Tak tanggung-tanggung, surat protes PSSI terkait aksi tak sportif Vietnam dan Thailand akan ditembuskan ke AFC dan FIFA. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut pihaknya juga menyertakan bukti berupa rekaman video pertandingan Vietnam Vs Thailand dalam laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022.

Semuanya dilakukan agar kasus semacam ini tidak lagi terjadi di dunia sepak bola Asia Tenggara dan dunia. "Pasti tembusannya ada ke AFC dan FIFA. Supaya FIFA mengetahui juga dengan AFC," kata Mochamad Iriawan.

"Kami juga kirim bukti rekaman ke AFC, FIFA, dan AFF. Rekaman sudah kami sunting dan serahkan semua 2x45 menit. Juga yang 10 menit terakhir itu," tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

5 dari 5 halaman

Menanti Respons

Mochamad Iriawan berharap, AFF segera merespon surat protes yang dikirim oleh PSSI. Berbagai komunikasi dijalin agar masalah ini segera menemui titik temu.

"Kami tadi menelepon Sekjen AFF dan Dato Winsor (Sekjen AFC). Saya sampaikan, surat ini tolong direspons oleh AFF," ujar Iriawan.

"Kami berkomunikasi baik dengan mereka. Insyaallah surat protes ini akan segera ditindaklanjuti," ujar Iriawan.

Video Populer

Foto Populer