Sukses


PT LIB Klaim Pertandingan Liga 1 Banyak Digelar Malam Hari demi Menghibur Penonton Televisi

Bola.com, Jakarta - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, buka suara mengenai banyaknya laga Liga 1 2022/2023 yang digelar pada malam hari. Menurut Akhmad Hadian Lukita, itu dilakukan demi menghibur penonton televisi.

Liga 1 2022/2023 banyak digelar pada malam hari yakni di atas pukul 20.00 WIB. Bahkan, ada laga yang akan kick-off pada 20.45 WIB.

Akhmad Hadian Lukita menyebut, penentuan jadwal kick-off pertandingan Liga 1 tak bisa dipisahkan dari pemegang hak siar. Pada jam-jam malam hari disebut memiliki jumlah penonton yang banyak.

"Tidak bisa dipungkiri unsur pemegang hak siar harus diikuti dalam menyusun jadwal. Menurut mereka, pada jam segitulah penonton sudah santai di rumah sambil menunggu istirahat," kata Akhmad Hadian Lukita.

2 dari 5 halaman

Akomodir Permintaan

Akhmad Hadian Lukita juga menyebut, PT LIB berusaha mengakomodir permintaan klub-klub peserta Liga 1 terkait jadwal pertandingan. Namun, tak semua permintaan bisa diwujudkan oleh PT LIB.

"Kami tidak dapat memungkiri tim-tim tertentu banyak penontonnya. Akan tetapi, ada pula klub yang ingin bermain pada malam hari," ujar Akhmad Hadian Lukita.

"Jadi, kami menggeser-geser jadwalnya agar 18 tim mendapatkan jadwal yang rata," tegas Akhmad Hadian Lukita.

3 dari 5 halaman

Win-win Solution

Sementara itu, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, menyebut pihaknya mencari win-win solution dengan pemegang hak siar. Sudjarno juga memastikan, bakal ada penyesuaian jadwal pertandingan ke depannya.

"Ada win-win solution antara kami dengan broadcaster. Tak menutup nanti ada perubahan jadwal dengan melihat dinamika yang terjadi di lapangan," tegas Sudjarno.

Liga 1 2022/2023 akan diikuti 18 klub dari seluruh Indonesia. Persis Solo, RANS Nusantara FC,dan Dewa United menjadi pendatang baru musim ini.

4 dari 5 halaman

Digelar Normal

PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga memastikan akan menggelar Liga 1 2022/2023 secara normal dengan format kandang dan tandang. Selain itu, pertandingan juga bisa dihadiri suporter di stadion.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, menyebut kapasitas penonton dalam stadion akan disesuaikan oleh status PPKM di daerah venue pertandingan. PT LIB juga akan berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 untuk menyukseskan Liga 1.

"Kami akan menggelar pertandingan normal yakni home dan away. Kami merekomendasikan ke polisi dan mengajukan 306 pertandingan Liga 1 2022/2023 dengan penonton dan kapasitasnya sesuai kondisi PPKM setempat," kata Sudjarno.

"Nanti akan koordinasi dengan Satgas COVID-19 setempat terkait penonton. Saya juga sudah koordinasi dengan Kepolisian karena memang pengajuan kami adalah dengan penonton yang kapasitasnya sesuai PPKM," ujar Sudjarno.

5 dari 5 halaman

Simak Klasemen Akhir Liga 1 Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer