Sukses


3 Striker Asing yang Bakal Membuat Persaingan Top Skorer Liga 1 2022 / 2023: Sudah Terbukti di Pramusim

Bola.com, Jakarta - Liga 1 2022/2023 akan diputar 23 Juli mendatang. Bukan hanya bursa juara yang menarik untuk diperbincangkan. Tapi juga bursa top skorer, karena ini adalah gelar individual yang prestisius.

Pemain yang meraih gelar pencetak gol terbanyak di Liga 1, biasanya namanya akan melambung. Begitu juga dengan nilai kontraknya.

Kebanyakan striker asing yang terlibat dalam persaingan ini. Musim lalu, penyerang naturalisasi Indonesia, Ilija Spasojevic meraih gelar ini dengan 23 gol.

2 dari 6 halaman

Persaingan Sengit

Tapi jika hanya melihat dari kategori pemain asing, sudah ada tiga kandidat yang layak masuk daftar.

Satu penyerang memang produktif sejak musim lalu. Sedangkan dua striker lain adalah nama baru. Ada yang langsung moncer di Piala Presiden. Kemudian ada juga pemain yang punya pengalaman mentereng.

Yuk simak ulasan menarik dari Bola.com berikut ini.

3 dari 6 halaman

Carlos Fortes

Musim lalu striker asal Portugal ini mencetak 20 gol untuk Arema FC. Namun sekarang dia berganti klub. Yakni PSIS Semarang. Bersama klub barunya, Fortes tak butuh waktu lama untuk adaptasi. Di Piala Presiden dia sempat memimpin daftar pemain tersubur.

Sayang, saat mengoleksi 5 gol, dia mengalami cedera di semifinal leg pertama lawan mantan klubnya, Arema. Koleksi golnya tak bertambah lagi karena PSIS gugur di fase itu.

Meski demikian, Fortes memperlihatkan jika dia sudah jadi striker papan atas di Liga 1. Dia punya kemampuan komplit. Postur tinggi besar, tapi tetap punya speed dan skill di atas rata-rata.

Ditambah lagi akurasi tembakan bagus. Lini belakang lawan harus bekerja keras ketika berhadapan dengan Fortes.

Dia jadi kandidat serius peraih gelar top skorer musim ini. Mengingat di PSIS, dia dimanjakan oleh rekan-rekannya dengan umpan matang.

Seperti Taisei Marukawa, Wawan Febrianto, Oktafianus Fernando dan lainnya. Mereka sering mengarahkan bola kepada Fortes untuk diselesaikan jadi gol.

4 dari 6 halaman

Matheus Pato

Dia baru musim ini bergabung dengan Borneo FC. Namun Pato langsung menggebrak dengan mencetak 6 gol hingga final leg pertama Piala Presiden 2022.

Striker asal Brasil ini besar kemungkinan jadi top skorer Piala Presiden. Karena saingannya, Carlos Fortes (5 gol) timnya sudah tersisih.

Bisa dibilang Pato cepat adaptasi karena sebelumnya dia sudah berkiprah di Asia. Bersama Daejeon Citizen di kasta kedua Liga Korea musim 2020/2021. Pato tipikal striker murni.

Dia dingin dalam menyelesaikan peluang. Gol-gol yang dicetaknya di Piala Presiden membuktikan dia punya tembakan keras dengan akurasi bagus serta ketenangan didalam kotak penalti.

Selain itu, dia cepat akrab dengan para tandemnya dilini depan Borneo. Seperti Stefano Lilipaly, dan lainnya. Ini penting bagi pemain baru sepertinya untuk mendapatkan chemistri dengan rekan-rekannya.

5 dari 6 halaman

Michael Krmencik

Penyerang yang satu ini belum tampil di Piala Presiden. Namun kemampuannya tak diragukan. Karena dia punya segudang pengalaman dan di usia emas, 29 tahun.

Krmencik terakhir membela Timnas Republik Ceko pada 2021 lalu. Total dia punya 35 caps dengan Timnas Republik Ceko dan menyumbangkan 9 gol.

Selain itu, Krmencik merasakan 4 kali juara kompetisi kasta tertinggi Ceko. Gelar top skorer juga pernah didapat musim 2018 lalu di negaranya. Setelah itu, dia dua kali merasakan juara di kasta tertinggi Liga Belgia. Musim 2019/2020 dan 2029/2021.

Performanya bersama Persija baru terlihat dalam ujicoba lawan Rans Nusantara dalam agenda launching tim di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi. Dia mencetak satu gol, assist dan penalti untuk membuat Persija menang 4-2.

Kulitasnya masih terlihat. Selain punya skill, Krmencik sangat tenang dalam menyelesaikan peluang. Wajar jika dia jadi salah satu kandidat top skorer Liga 1.

6 dari 6 halaman

Yuk Intip Persaingan di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer