Sukses


Pemain Naturalisasi di BRI Liga 1 2022 / 2023: Cristian Gonzales Tertua, Ilija Spasojevic Calon Kuat Top Skorer

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2022/2023 mulai dihelat pada Sabtu (23/7/2022). Berdasarkan jadwal yang dirilis PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, partai PSIS Semarang versus RANS Nusantara FC di Stadion Jatidiri menjadi laga pembuka.

Pada hari yang sama, ada tiga laga lainnya yakni PSS Sleman kontra PSM Makassar, Madura United melawan Barito Putera, serta juara bertahan, Bali United menjamu Persija Jakarta.

18 tim peserta BRI Liga 1 telah melakukan persiapan untuk bersaing pada musim ini. Satu di antaranya berpatisipasi di Piala Presiden 2022 yang baru saja dimenangi Arema FC.

Tim kebanggaan warga Malang itu meraih trofi juara setelah bermain imbang tanpa gol kontra Borneo FC Samarinda pada final leg kedua di Stadion Segiri Samarinda, Minggu (17/7/2022). Sebelumnya, pada pertemuan pertama di Stadion Kanjuruhan, Malang, Arema menang dengan skor 1-0.

Di luar ajang tersebut, para kontestan BRI Liga 1 telah menggelar laga uji coba ataupun berlaga di turnamen lain untuk mengukur kemampuan masing-masing.

Dua di antaranya yakni PSM dan Bali United mendapat kesempatan atmosfer pertandingan internasional dengan menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2022. Hasilnya, PSM melaju ke semifinal zona ASEAN, sedangkan Bali United tersinggkir di penyisihan grup.

 

 

 

2 dari 5 halaman

9 Klub Pakai Pemain Naturalisasi

Mengacu dari hasil uji coba, para pelatih tentu melakukan evaluasi demi menyiapkan strategi yang pas untuk tim asuhannya. Termasuk mengoptimalkan peran pemain asing untuk mendongkrak penampilan tim.

Ada juga tim yang menyiasatinya dengan memakai jasa pemain naturalisasi. Sampai 17 Juli 2022, tercatat ada sembilan klub BRI Liga 1 yang mendaftarkan pemain berstatus naturalisasi.

Di antara sembilan klub itu, Persib Bandung tetap menjadi tim terbanyak yang memakai jasa pemain naturalisasi yakni tiga pemain. Mereka adalah Victor Igbonefo (bek), Marc Klok (gelandang), dan Ezra Walian (striker).

Bagi Tim Maung Bandung, jumlah itu sudah berkurang dibandingkan musim lalu. Sebelumnya, Persib Bandung diperkuat Esteban Vizcarra yang kini berkostum Madura United.

3 dari 5 halaman

Cristian Gonzales Tertua

BRI Liga 1 2022/2023 bakal menjadi momen istimewa buat Cristian Gonzales. Striker asal Uruguay yang menyandang status Warga Negara Indonesia pada 2010 itu, berstatus pemain tertua yang berkiprah di kompetisi kasta tertinggi.

Pria kelahiran 30 Agustus 1976 itu tetap menjadi bagian RANS Nusantara FC, tim yang dibawanya meraih tiket promosi ke Liga 1 musim lalu.

Meski tak lagi segesit dulu, peluang El Loco mendapatkan menit bermain tetap ada. Minimal pada paruh terakhir babak kedua.

Seperti yang terlihat saat RANS berujicoba dengan Persija Jakarta di Stadion Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (16/7/2022). Di lini depan, peraih tiga kali trofi top skorer Liga Indonesia itu akan bersaing dengan Andre Felipe (Brasil) dan Septian Bagaskara.

Selain El Loco, ada satu striker naturalisasi lainnya yang tetap esksis meski sudah berusia kepala empat yakni Beto Goncalves. Pada musim lalu, Beto (41) sukses membawa Persis Solo meraih trofi juara Liga 2 dengan status pemain pinjaman dari Madura United.

4 dari 5 halaman

Peluang Ilija Spasojevic

Meski berstatus pemain naturalisasi, Ilija Spasojevic menyelamatkan Indonesia dengan menjadi top skorer BRI Liga dengan koleksi 23 gol. Striker Bali United itu unggul tiga gol atas pesaing terdekatnya, Ciro Alves dan Carlos Fortes.

Sebelumnya, pemain Indonesia yang terakhir menjadi top skorer di Liga Indonesia adalah Boaz Salossa pada musim 2013 dengan 22 gol.

Di BRI Liga 1 2022/2023, peluang Spaso, panggilan akrabnya, mengulang sukses terbilang besar. Dia memang kurang bersinar di Piala Presiden 2022 dan Piala AFC 2022.

Tetapi, dengan dukungan pengumpan berkelas seperti Privat Mbarga (Kamerun), Eber Bessa (Brasil), Irfan Jaya, Yabes Roni dan M. Rahmat, wajar kalau Spaso masih masuk daftar kandidat top skorer musim ini.

 

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Naturalisasi Di BRI Liga 1 2022/2023

1. Bali United: Ilija Spasojevic (striker)

2. Persib: Victor Igbonefo (bek), Marc Klok (gelandang), Ezra Walian (striker)

3. Bhayangkara: -

4. Arema FC: Seiya Da Costa Lay (gelandang)

5. Persebaya:-

6. Borneo: Diego Michiels (bek), Stefano Lilipaly (gelandang)

7. PSIS:-

8. Persija: -

9. Madura United: Esteban Vizcarra (gelandang), Beto Gonçalves (striker)

10. Persikabo 1973:-

11. PSS: Kim Kurniawan (gelandang)

12. Persita: Jack Brown (gelandang)

13. Persik: -

14. PSM:-

15. RANS: OK John (bek/trial), Cristian Gonzales (striker)

16. Barito: -

17. Persis:Fabiano Beltrame (bek)

18. Dewa United:-

Video Populer

Foto Populer