Sukses


5 Pemain Lokal dengan Nilai Pasar Termahal di Liga 1: Ada Trio Persib!

Bola.com, Jakarta - BRIĀ Liga 1 2022/2023 akan digelar dalam hitungan hari, yakni mulai Sabtu (23/7/2022). Menarik untuk melihat komposisi pemain lokal yang dimiliki dari klub-klub peserta.

Klub saat ini berlomba untuk menyusun skuad terbaik agar bisa bersaing di Liga 1 2022/2023. Pemain berkualitas dengan nilai pasar yang tak murah pun sering menjadi buruan.

Nilai pasar juga menjadi acuan klub untuk merekrut pemain tersebut. Inilah yang menjadi modal sang pemain untuk menentukan besaran gaji dan nilai kontrak yang diinginkannya.

Meski demikian, nilai yang tercantum cenderung fluktuatif. Tidak ada acuan dasar yang pasti untuk menentukan harga seorang pemain dalam bursa transfer.

Lantas, siapa saja pemain lokal Liga 1 2022/2023 dengan nilai pasar tertinggi saat ini? Berikut ini daftar lima teratas yang diambil mengacu kepada data Transfermarkt.

2 dari 6 halaman

5. Febri Hariyadi

Febri Hariyadi saat ini tercatat memiliki nilai pasar 325 ribu euro (Rp4,9 miliar). Jumlah itu dicatatkan Febri setelah tampil di skuad utama Persib Bandung.

Febri merupakan gelandang sayap kanan yang hampir tak tergantikan di Persib. Febri merupakan motor serangan yang dimiliki Persib.

Selain itu, Febri juga andal mencetak gol dan assist. Febri tercatat sudah mengemas 116 pertandingan bersama Persib dan menyumbang 16 gol plus 19 assist.

3 dari 6 halaman

4. Evan Dimas

Evan Dimas memiliki nilai pasar 325 ribu euro (Rp4,99 miliar). Jumlah itu membuat Evan Dimas berada di urutan keempat pemain lokal dengan nilai pasar termahal.

Namun, data tersebut merupakan yang tertera pada Desember 2021. Sampai saat ini nilai pasar Evan Dimas belum diperbaharui.

Evan Dimas musim ini akan membela Arema FC. Menarik untuk menantikan permainan kreatif dari pemain berusia 27 tahun itu.

4 dari 6 halaman

3. Ezra Walian

Ezra Walian saat ini memiliki nilai pasar 325 ribu euro (Rp4,9 miliar). Jumlah itu dicatatkan Ezra Walian per Desember 2021.

Ezra Walian masih membela Persib Bandung pada Liga 1. Penampilannya akan sangat dinantikan oleh suporter Persib.

Ezra Walian sejauh ini belum tampil sesuai ekspektasi dari pelatih Robert Alberts. Pemain naturalisasi itu membukukan empat gol dan empat assist dalam 30 pertandingan bersama Persib.

5 dari 6 halaman

2. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly menghuni peringkat kedua pemain lokal dengan nilai transfer termahal. Gelandang Borneo FC itu memiliki nilai pasar 350 ribu euro (Rp5,3 miliar).

Nilai tersebut merupakan data per Desember 2021 ketika masih membela Bali United. Kemungkinan besar nilai pasar Stefano Lilipaly bakal mengalami peningkatan.

Penyebabnya adalah penampilan apik dalam kuartal pertama 2022. Pemain naturalisasi itu juga tampil apik saat membawa Borneo FC menembus final Piala Presiden 2022.

6 dari 6 halaman

1. Marc Klok

Marc Klok saat ini menjadi pemain lokal dengan nilai pasar termahal di Indonesia. Pemain naturalisasi itu memiliki harga 450 juta euro (Rp6,9 miliar).

Jumlah tersebut mengalami penurunan dari data sebelumnya pada Juli 2021. Klok tercatat pernah menyentuh harga 475 ribu euro saat membela Persija Jakarta.

Nilai pasar yang dimiliki Klok sudah sangat wajar. Klok memberikan penampilan apik bersama Persib Bandung dan Timnas Indonesia dalam setahun terakhir.

Video Populer

Foto Populer