Sukses


Termasuk Hanno Behrens, Deretan Pemain Asing di BRI Liga 1 yang Berasal dari Negara Tak Biasa

Bola.com, Jakarta - Kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 sudah berada di depan mata. Pertandingan perdana akan dimulai, Sabtu (23/7/2022) yang ditandai duel PSIS Semarang melawan RANS Nusantara FC menandai dibukanya kompetisi kasta tertinggi musim ini.

Terdapat hal yang cukup menarik sebelum dimulainya persaingan BRI Liga 1 2022/2023. Yaitu aksi pemain asing yang sangat dinanti para pencinta sepak bola Indonesia. Pemain asing diharapkan bisa memberikan warna berbeda bagi permainan tim.

Kuota pemain asing untuk musim ini memang tidak mengalami perubahan. Setiap klub bisa mendaftarkan pemain asing dengan komposisi 3 (Non Asia) +1 (Asia).

Musim ini, pemain yang datang berasal dari berbagai negara yang familiar dengan sepak bola Indonesia, seperti Brasil, Jepang hingga Argentina. Bahkan, ada beberapa pemain datang dari negara-negara yang tak biasa.

Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

2 dari 7 halaman

Rohit Chand (Nepal)

Gelandang berusia 30 tahun ini sudah berkarir di Indonesia sejak musim 2012. Pemain asal Nepal ini bergabung dengan klub PSPS Pekan Baru di Liga Indonesia 2012/2013.

Kebersamaan Rohit dengan PSPS tak bertahan lama. Dia hanya bertahan satu tahun dan kemudian memilih untuk berlabuh ke Persija Jakarta musim 2013-2014.

Pemain yang kini berseragam Persik Kediri ini sempat mencoba peruntungan ke Liga Singapura. Rohit selanjutnya kembali ke Indonesia dan bergabung Persija Jakarta.

Bersama Persija, Rohit tampil gemilang. Dia bahkan menyabet gelar pemain terbaik Liga 1 2018 sekaligus membawa Persija meraih gelar juara Liga 1 2018.

3 dari 7 halaman

Alie Sesay (Sierra Leone)

Bek asing PSIS Semarang sudah satu tahun berkarir di Indonesia. Sebelumnya, pemain berusia 27 tahun ini bergabung ke klub Persebaya Surabaya.

Perfoma Alie Sesay di Liga Indonesia cukup menjanjikan. Eks pemain Leicester U-18 tersebut beberapa kali sukses mematikan pergerakan penyerang lawan.

Alie Sesay merupakan pemain Sierra Leone kedua di Liga Indonesia. Sebelumnya, sepakbola Indonesia tercatat sempat kedatangan Musa Kallon dari Sierra Leone.

Selama merumput di Liga Indonesia, Musa Kallon pernah berseragam Persebaya Surabaya musim 1998-1999.

4 dari 7 halaman

Abel Camara (Guinea-Bissau)

Pemain berusia 32 tahun ini jadi rekrutan anyar Arema FC di Liga 1 2022/2023. Dia akan mengisi post lini depan yang ditinggalkan Carlos Fortes yang bergabung ke PSIS Semarang.

Selama memperkuat Arema, Abel Camara mampu tampil apik. Pemain asal Guinea-Bissau ini sukses mencetak dua gol dari lima pertandingan di turnamen Piala Presiden.

Menjalani karir sepakbola di Indonesia merupakan pengalaman pertama bagi Abel Camara. Sebelumnya, dia lebih banyak berkarir di Liga Portugal.

5 dari 7 halaman

Hanno Behrens (Jerman)

Persija Jakarta baru saja mengumumkan perekrutan Hanno Behrens. Pemain berkebangsaan Jerman ini diikat kontrak Macan Kemayoran selama tiga tahun.

Hanno Behrens disiapkan untuk mengisi lini tengah setelah ditinggal Makan Konate. Pemain berusia 32 tahun tersebut didatangkan Persija dari klub Liga Jerman, FC Hansa Rostock.

Sebagai gelandang, Hanno rajin mencetak gol. Selama memperkuat Hansa Rostock, Hanno mencatatkan 6 gol dan 6 assist dari 30 penampilan.

6 dari 7 halaman

Abdulla Yusuf Helal (Bahrain)

Persija Jakarta resmi memboyong Abdulla Yusuf Helal. Tim berjuluk Macan Kemayoran mengontraknya selama tiga tahun.

Keberadaan Abdulla Yusuf Helal melengkapi kuota legiun impor Persija. Striker berusia 29 tahun itu mengisi pos pemain Asia Macan Kemayoran, mengingat ia berpaspor Bahrain.

Persija Jakarta telah lebih dulu mempunyai Ondrej Kudela, Michael Krmencik, dan Hanno Behrens dalam komposisi pemain asing untuk BRI Liga 1 2022/2023.

Abdulla Yusuf Helal punya pengalaman cukup di Eropa, dengan sempat berkarier di klub Slovan Liberec dan pernah mencicipi persaingan Liga Champions. Tentu aksinya akan ditunggu Jakmania di BRI Liga 1.

7 dari 7 halaman

Yuk Tengok Persaingan di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer