Sukses


PSSI Dituding Kanak-kanakan Ingin Keluar dari AFF, Iwan Bule Murka dan Semprot Eks Pelatih Thailand

Bola.com, Gianyar - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, murka dengan tudingan kekanak-kanakan dari mantan pelatih Timnas Thailand, Steve Darby. Tudingan itu diungkapkan terkait adanya rencana PSSI yang ingin meninggalkan AFF dan bergabung dengan EAFF.

Rumor kepindahan Indonesia, dalam hal ini PSSI, ke EAFF mengemuka dalam sepekan terakhir. Penyebabnya karena masyarakat Indonesia terlanjur kecewa dengan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Semua bermula dari aksi tidak fairplay yang ditunjukkan Vietnam dan Thailand pada Piala AFF U-19 2022. Keduanya diduga sengaja bermain imbang untuk sama-sama lolos dan membuat Timnas Indonesia U-19 tersingkir.

PSSI langsung menyerukan suara protes kepada AFF terkait aksi kedua tim tersebut. Namun, sampai saat ini suara protes dari PSSI sama sekali tidak mendapatkan respons dari AFF.

Masyarakat di sosial media kemudian menyerukan PSSI untuk mengambil sikap tegas terhadap AFF. Satu cara di antaranya dengan keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF). dan bergabung dengan Federasi Sepak bola Asia Timur (EAFF).

2 dari 5 halaman

Iwan Bule Murka

Mochamad Iriawan menegaskan, Steve Darby tak pantas memberikan tudingan kekanak-kanakan pada PSSI. Menurut Iriawan, Steve Darby seharusnya mengkritik permainan Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022 yang menodai fairplay.

"Yang kekanak-kanakan itu Thailand saat bermain di lapangan. Saya tidak pernah bilang akan keluar dari AFF, hanya keinginan netizen," kata Iriawan saat dijumpai di Gianyar, Bali.

"Tolong dicermati yang kekanak-kanakan ya Thailand. Ya harusnya menekan dong. Ini bola dioper kanan kiri dia diam saja. Kami tidak begitu," ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

3 dari 5 halaman

Thailand Tak Begitu

Mochamad Iriawan juga menyebut, Thailand sebelumnya tidak pernah bermain seperti yang terjadi di Piala AFF U-19 2022. Menurut Iriawan, Thailand biasanya dikenal sebagai tim yang menjunjung tinggi sportivitas dan bermain agresif.

"Kan Thailand tidak pernah begitu mainnya. Biasanya bermain menyerang dan ofensif terus. Itu perlu didalami oleh AFF," ujar Iriawan.

"Apakah sudah ada rencana sebelumnya atau tiba-tiba terjadi di lapangan? Apalagi sudah ada indikasi dari tim teknik Vietnam seperti yang di Instagram itu," tegas Iriawan.

4 dari 5 halaman

Pernyataan Steve Darby

Steve Darby sebelumnya menyebut, AFF tidak akan begitu saja membiarkan Indonesia untuk pindah ke EAFF. Selain itu, pelatih Timnas Thailand pada 2008 itu menuding alasan PSSI tak kuat untuk hengkang ke EAFF.

"PSSI bersikap kekanak-kanankan. AFF tidak akan mengizinkan mereka keluar dan juga EAFF akan sulit menerima mereka," kata Steve Darby seperti dikutip Soha.

"Kepada PSSI melakukan ini karena pertandingan Vietnam Vs Thailand? Seharusnya ada alasan yang lebih jelas," tegas pelatih asal Inggris itu.

5 dari 5 halaman

Segera Hilang

Steve Darby yakin rumor bergabungnya Indonesia ke EAFF akan segera hilang. Steve Darby yakin, Indonesia tak akan benar-benar meninggalkan AFF.

"Saya pikir ini akan segera hilang. Saya tidak yakin EAFF ingin Indonesia bergabung," ucap Steve Darby.

"Selain itu, kasus lain juga perlu dipikirkan adalah politisi di ASEAN akan turun tangan jika masalah ini berkembang terlalu jauh," ujar Steve Darby.

Video Populer

Foto Populer