Sukses


Riko Simanjuntak, Pahlawan Persija yang Mulai Terlupakan di BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Riko Simanjuntak bermain luar biasa ketika Persija Jakarta melawan Chonburi FC. Winger berusia 30 tahun itu seolah ingin menunjukkan kepada pelatih Thomas Doll bahwa ia masih layak menjadi pemain utama.

Riko mencetak dua gol dan satu assist kala Persija Jakarta diimbangi klub Thailand itu 2-2 dalam Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) pada 24 Juli 2022.

Riko bermain sejak menit awal bersama tim cadangan Persija. Pasalnya, skuad inti Macan Kemayoran baru saja menghadapi Bali United di BRI Liga 1 2022/2023 sehari sebelumnya.

Saat Persija Jakarta keok 0-1 dari Bali United pada pekan pertama BRI Liga 1 2022/2023, Riko diparkir Thomas Doll. Jangankan masuk starting line-up, menjadi pemain pengganti pun tidak.

Riko duduk manis di bangku cadangan selama 90 menit.

2 dari 7 halaman

Disebut Layak Bermain di Liga Thailand

Atraksi Riko sepanjang Grand Launching JIS bikin Sasom Pobprasert selaku pelatih Chonburi FC terpukau. Dia menilai bahwa pemain bertubuh mungil itu mempunyai kemampuan untuk berkarier di Liga Thailand.

"Dia adalah pemain bagus, dia cepat, dan tekniknya bagus. Saya tidak bisa memungkiri itu," ujar Sasom, saat sesi jumpa pers usai laga.

"Saya rasa, dia bisa main di Liga Thailand dengan kemampuannya itu," katanya menambahkan.

3 dari 7 halaman

Pahlawan 2018

Riko bergabung dengan Persija sejak 2018. Dia bermain 127 kali dengan mencetak lima gol plus 52 assists untuk Macan Kemayoran menurut Transfermarkt.

Pada musim pertamanya, Riko mampu mempersembahkan gelar BRI Liga 1 pada musim pertamanya di tim ibu kota.

Selama empat tahun di Persija, baru pada musim ini Riko tergusur dari tempat utama. Akan tetapi, Thomas Doll telah berjanji untuk memberikannya kesempatan bermain.

4 dari 7 halaman

Komentar Thomas Doll

"Dia sudah bertahun-tahun di sini dan dia akan memiliki kesempatan tentu saja pada pertandingan berikutnya," tutur Thomas Doll, saat sesi jumpa pers usai melawan Bali United.

"Dia akan mendapatkan menit bermainnya. Dia pria yang baik. Semua pemain termotivasi dan kami mempunyai musim yang panjang," imbuhnya.

5 dari 7 halaman

Mulai Terkikis

Peran Riko memang terkikis pada pakem Thomas Doll. Pelatih asal Jerman itu tidak memainkan pemain sayap dalam pola 3-4-2-1.

Thomas Doll lebih menyukai memasang Hanno Behrens hingga Syahrian Abimanyu sebagai gelandang serang penopang striker.

Selama ini, Riko terbiasa bermain di posisi sayap pada formasi 4-3-3 atau 4-4-2.

Mau tidak mau, Riko harus mengubah gaya bermainnya atau minimal menyesuaikan dengan taktik Thomas Doll.

6 dari 7 halaman

Bisa Contoh Chanathip Songkrasin

Mantan pemain Semen Padang itu dapat mencontoh permainan bintang Thailand sesama pemain mungil, Chanathip Songkrasin.

Chanathip mampu memanfaatkan posturnya yang kecil untuk menjadi gelandang serang berbahaya hingga penyerang lubang.

Jika tidak kunjung mengubah karakteristiknya, Riko bisa menyusul mantan kompatriotnya, Ramdani Lestaluhu.

Karier 13 tahun gelandang berusia 30 tahun itu bersama Persija harus berakhir pada musim lalu setelah berpisah dan bergabung dengan Bali United.

7 dari 7 halaman

Persija di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer