Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Punya 4 Bek, Aji Santoso Siap Pasang Bergantian

Bola.com, Surabaya - Stok empat bek tengah yang dimiliki Persebaya Surabaya membuat Aji Santoso lebih leluasa memilih pemain di jantung pertahanan. Tim Bajul Ijo tidak kerepotan, meski Mochammad Zaenuri hengkang ke Dewa United.

Empat bek yang dipunya Persebaya Surabaya adalah Leo Lelis, Rizky Ridho, Dandi Maulana, dan Riswan Lauhin. Pelatih Aji Santoso siap memainkan empat nama itu bergantian mengisi duet bek tengah. Kendala akumulasi kartu atau cedera tidak akan jadi penghambat.

"Saya selalu tekankan kepada seluruh pemain saya, siapa yang dipasang harus memberi jawaban dengan penampilan yang bagus. Jadi, bisa saja, Ridho sama Riswan, Riswan sama Dandi, atau Dandi sama Leo, atau Leo sama Ridho," ungkap Aji Santoso.

Seperti situasi saat ini, Persebaya Surabaya belum bisa memainkan bek asing Leo Lelis yang masih mengalami cedera. Pemain asal Brasil itu pun belum membukukan penampilan bersama Tim Bajul Ijo di BRI Liga 1 2022/2023.

 

2 dari 5 halaman

Tak Bergantung pada Satu Pemain

Pada pekan pertama BRI Liga 1, Aji Santoso memercayakan duet jantung pertahanan Persebaya kepada Rizky Ridho dan Dandi Maulana melawan Persikabo 1973 (25/7/2022).

Terbaru, nama Rizky Ridho dan Riswan Lauhin membuat Persebaya mencatatkan clean sheet dengan skor 2-0 kontra Persita Tangerang, Senin (1/8/2022).

"Saya memang selalu sampaikan tidak pernah bergantung pada satu pemain. Siapa pun yang saya beri kesempatan bermain, mereka harus menyetel satu sama lain," imbuh Aji Santoso.

 

3 dari 5 halaman

Rizky Ridho Banjir Pujian

Dari empat bek tersebut, nama Rizky Ridho yang sedang banjir pujian. Stoper berusia 20 tahun itu benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik. Berduet dengan Riswan Lauhin di jantung pertahanan, Rizky Ridho sulit dilewati.

Pemain jebolan kompetisi internal Persebaya itu sangat sigap menghalau serangan lawan. Dia tak segan melakukan tekel, intersep, hingga memenangi duel udara. Hal tersebut tentu membuat lini bertahan Persebaya lebih tenang.

Segala pujian yang diarahkan kepadanya tidak membuat Rizky Ridho jemawa. Padahal, itu merupakan gol pertamanya untuk Persebaya di karier profesional. Dia menilai keberhasilan meraih tiga poin berkat kerja sama tim.

Sumbangann gol kedua untuk Tim Bajul Ijo pada menit ke-57 tentu sangat berarti. Itu bermula dari sepak pojok Higor Vidal yang sangat terarah ke kotak penalti lawan. Dari jarak cukup jauh, kapten Rizky Ridho menanduk bola dan gagal dibendung Dhika Bayangkara.

 

4 dari 5 halaman

Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Menariknya, duel ini merupakan momen Rizky Ridho menjabat sebagai kapten Persebaya lantaran Alwi Slamat mengalami cedera. Dia rupanya mampu menunjukkan jiwa kepemimpinan yang luar biasa meski masih belia.

"Seharusnya pemain-pemain ini ke depan sangat prospek. Saya sangat yakin pemain-pemain muda ini sangat prospek ke depannya. Apalagi kalau seandainya nanti kedalaman tim lengkap, tim ini sangat bisa bersaing," tutur Aji Santoso.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu:

Video Populer

Foto Populer