Sukses


Head to Head Pelatih Partai Bhayangkara FC Vs Persebaya BRI Liga 1: Duel Rekan Lama, Widodo C Putro Vs Aji Santoso

Bola.com, Jakarta - Pertarungan menarik bakal tersaji dalam pekan ketiga BRI Liga 1 2022/2023. Bhayangkara FC dijadwalkan menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Minggu (7/8/2022) malam.

Pertemuan ini bakal menjadi ajang adu taktik masing-masing pelatih. Aji Santoso bersama Persebaya, sedang Widodo Cahyono Putro menangani Bhayangkara FC. Menariknya, dua sosok ini merupakan rekan lama.

Aji dan Widodo merupakan pelatih yang sebaya, sama-sama berusia 52 tahun. Keduanya juga mulai masuk Timnas Indonesia sejak era 1990-an.

Jangan lupa, mereka adalah bagian integral Timnas Indonesia saat menjuarai SEA Games 1991. Saat itu, Widodo merupakan strikernya, sedangkan Aji berposisi sebagai bek kiri.

 

 

 

2 dari 5 halaman

Aji Santoso, Legenda Persebaya

Sebagai pelatih, rekam jejak keduanya agak berbeda. Aji Santoso sendiri dianggap sebagai legenda Persebaya. Dia bergabung dengan statusnya bek kiri terbaik Indonesia saat itu. 

Aji ditunjuk sebagai kapten Persebaya saat tim ditangani oleh pelatih Sasho Kostov asal Bulgaria di Liga Indonesia 1995-1996.

Musim berikutnya di Liga Indonesia 1996-1997, Aji masih menjadi kapten tim di bawah arahan pelatih Rusdy Bahalwan. Bajul Ijo sukses menjuarai kompetisi ini menjadi prestasi pertama mereka sejak Perserikatan dan Galatama digabung pada 1994.

Jangan lupakan juga torehannya bersama Persebaya saat telah menjadi pelatih. Aji Santoso menyumbang trofi Piala Gubernur Jatim 2020 usai menundukkan Persija Jakarta di partai final.

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Saling Puji Kedua Pelatih

Catatan itu cukup membuktikan bahwa Aji adalah sosok yang sulit dilupakan dengan jasanya untuk Persebaya.

"Saya paham ya Persebaya adalah tim kuat dan ada Coach Aji, yang notabene cara bermain cukup impresif, apalagi di bagian lini serangnya,” ungkap Widodo.

Persebaya sendiri sedang dalam upaya meneruskan tren kemenangan di Liga 1 2022/2023. Sebelumnya, mereka berhasil menang 2-0 atas Persita Tangerang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (1/8/2022).

Bhayangkara FC di bawah arahan Widodo C. Putro belum terkalahkan di Liga 1 2022/2023, tapi juga belum menang. Sempat bermain imbang 2-2 kontra Persib Bandung, The Guardian lantas ditahan imbang pula dengan skor 1-1 oleh Persik Kediri.

"Bhayangkara dihuni dengan materi-materi yang bagus, juga dilatih dengan Coach Widodo, beliau memiliki kualitas yang bagus,” ujar Aji Santoso.

 

4 dari 5 halaman

Prestasi Saat Jadi Pemain

Dari segi prestasi semasa bermain, Widodo bisa dibilang tidak kalah. Dia dua kali mempersembahkan gelar Divisi Utama, bahkan dua musim beruntun. Masing-masing untuk Persija Jakarta (2001) dan Petrokimia Putra (2002).

Tapi, Widodo belum pernah belum memiliki trofi yang dibukukannya saat menangani tim kasta tertinggi. Bahkan, Persita Tangerang yang dibawanya promosi dari Liga 2 2019 ke Liga 1 berstatus sebagai tim peringkat ketiga.

Satu-satunya prestasi yang membanggakan buatnya adalah saat hampir membawa Bali United menjuarai Liga 1 2017. Kala itu, Serdadu Tridatu dan Widodo terpaksa harus puas dengan runner-up akibat keputusan “kontroversial” operator kompetisi yang membuat Bhayangkara FC menjadi kampiun.

Dengan pengalaman panjang dan perkenalan mereka, bukan hal yang aneh bila kedua pelatih ini akan saling memuji menjelang duel ini. Lantas, siapakah yang akan mampu membawa timnya menang di laga ini? Aji atau Widodo?

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer