Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Coba Main False Nine tapi Tetap Kalah dari Bhayangkara FC

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya gagal meneruskan tren kemenangan di BRI Liga 1 2022/2023. Mereka kalah 0-1 dari Bhayangkara FC dalam pekan ketiga di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Minggu (7/8/2022).

Gol tunggal laga ini lahir di menit ke-60. Itu bermula dari tendangan bebas yang dilepaskan oleh Muhammad Hargianto. Pemain Bhayangkara FC, Wahyu Suboseto yang ada di kotak penalti menyambutnya dengan tandukan dan gagal dibendung oleh Satria Tama.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mengeluhkan absennya striker asing Silvio Junior yang mengalami cedera. Kondisi ini membuat agresivitas timnya berkurang karena kehilangan sosok penembak jitu.

“Memang tidak ada Silvio, ketajaman kami berkurang. Tetapi, kalau di sebelah kanan tidak ada masalah, Dani Ahmad Nufiandani sudah bagus main. Memang kendala kami utama adalah tidak ada striker,” ungkap Aji Santoso.

 

2 dari 5 halaman

Masukkan Januar Eka

Sebagai pengganti, pelatih asal Malang itu sempat menurunkan Januar Eka Ramadhan di posisi ujung tombak. Sepanjang laga, dia termasuk pemain yang ngeyel membawa bola ke jantung pertahanan Bhayangkara.

Sayangnya, Januar kerap gagal membawa bola atau melahirkan peluang mencetak gol. Situasi itu masih berlanjut sampai Bhayangkara kehilangan Anderson Salles yang ditarik pada menit ke-36 akibat cedera.

 

3 dari 5 halaman

Jajal False 9

Di babak kedua, Aji Santoso menarik keluar Januar dan menggantinya dengan Saiful. Terlihat bahwa pelatih berusia 52 ingin mencoba skema false nine tanpa striker murni. Sho Yamamoto dipindah ke penyerang tengah.

Sayang, percobaan ini tidak berhasil. Para pemain Persebaya sebenarnya tetap mampu menciptakan peluang. Namun, tak ada lagi pemain-pemain yang bisa mengarahkan bola ke gawang Bhayangkara FC.

“Di babak pertama Januar tidak terlalu berjalan, tidak sesuai harapan. Akhirnya saya ganti menggunakan false nine, tidak menggunakan striker murni. Tujuannya adalah supaya Sho lebih berkembang di situ,” imbuh Aji Santoso.

Selama pertandingan, kedua tim sebenarnya sama-sama memainkan permainan agresif dan terbuka. Jual beli serangan pun tak terhindarkan. Namun, penampilan cemerlang pemain belakang masing-masing tim membuat gol sulit tercipta.

 

4 dari 5 halaman

Secara Statistik, Persebaya Dominan

Dari catatan statistik, Bhayangkara tampak sebagai tim yang sangat dominan atas tamunya. Total mereka mampu membukukan enam tembakan tepat sasaran, berbanding Persebaya yang hanya satu saja.

Persebaya kini terpaksa masih mengemas tiga poin dari tiga laga BRI Liga 1 2022/2022. Itu pun hasil dari satu kemenangan. Sebelumnya, mereka kalah 0-1 dari Persikabo 1973 (25/7/2022) dan menang 2-0 atas Persita Tangerang (1/8/2022).

Berikutnya, Persebaya akan melakoni partai panas bertajuk Derbi Suramadu di pekan keempat. Bajul Ijo dijadwalkan menjamu sang pemuncak klasemen, Madura United, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (14/8/2022).

5 dari 5 halaman

Posisi Persebaya Saat Ini

Video Populer

Foto Populer