Sukses


BRI Liga 1: PT LIB Penuhi Tuntutan Persebaya dan Bonek, Jadwal Pertandingan Jadi Sore

Bola.com, Surabaya - Tuntutan manajemen Persebaya Surabaya dan Bonek mengenai perubahan jadwal pertandingan BRI Liga 1 2022/2023 akhirnya dipenuhi. PT LIB selaku operator kompetisi telah menyesuaikan jadwal laga Bajul Ijo.

Dikutip dari situs resmi Persebaya, pihak klub telah menerima surat dari PT LIB, Senin malam (8/8/2022). Surat bernomor 345/LIB-KOM/VIII/2022 itu ditandatangani langsung oleh Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita. Isinya tentang perubahan jam kick-off laga kandang Persebaya.

Surat dari PT LIB tersebut merupakan balasan untuk surat Persebaya yang dikirimkan di hari yang sama pada siang harinya. Surat Persebaya itu bernomor 95/PT.PI-VIII/2022, berisi tentang penegasan Persebaya untuk adanya perubahan jam kick-off BRI Liga 1 2022/2023 di atas pukul 19.00 WIB.

 

2 dari 5 halaman

Dua Rujukan

Dalam penjelasannya, LIB menjelaskan ada dua rujukan dalam penentuan keputusan yang tertuang di surat 345/LIB-KOM/VIII/2022. Poin pertama adalah surat penegasan jam kick-off dari Persebaya Surabaya. Poin kedua adalah koordinasi PT LIB dengan pemegang hak siar.

“Sehubungan dengan rujukan tersebut di atas, maka bersama ini kami PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan bahwa seluruh jadwal kandang klub Persebaya Surabaya di tahun 2022 yang mana jam kick-off di atas pukul 19.00 WIB akan disesuaikan menjadi sore hari dan akan dituangkan dalam circular yang akan disampaikan kemudian,” demikian bunyi surat PT LIB kepada Persebaya.

Selang beberapa jam kemudian, PT LIB kembali berkirim surat elektronik lagi ke Persebaya. Isinya adalah detail perubahan jam kick-off. Laga-laga kandang Persebaya yang sebelumnya dimulai pukul 20.30 WIB, diubah sore hari. Ada yang pukul 15.30 WIB, ada yang 16.00 WIB.

 

3 dari 5 halaman

Mengapa Bonek Ingin Persebaya Main Sore?

Sebelumnya, Persebaya Surabaya melakoni partai kandang maupun tandang pada malam hari, kick-off pukul 20.30 WIB, yang menyisakan banyak dampak buruk. Satu di antaranya, suporter Bonek harus pulang kemalaman mengingat pertandingan kemungkinan rampung pukul 22.30 WIB.

Dampak terbesar tentu saja dialami oleh suporter dengan jumlah yang banyak di stadion lantaran mereka perlu mempertimbangkan akses dan waktu yang dibutuhkan menuju stadion, maupun pulang ke rumah.

Manajemen Persebaya juga sempat mengirim surat kepada PT LIB selaku operator kompetisi untuk mempertimbangkan penggantian jadwal. Mereka mendapat jadwal menjamu Persita Tangerang di Surabaya, Senin (1/8/2022), pada kick-off jam tersebut.

Permintaan itu juga datang dari Polrestabes Surabaya yang bertindak mengamankan laga. Namun, PT LIB tidak bergeming dan laga pun tetap digelar pada 20.30 WIB. Lalu, manajemen Persebaya mengirim surat lagi pada Jumat (5/8/2022) lalu.

 

4 dari 5 halaman

Digeruduk Bonek

Situasi ini sempat memantik reaksi Bonek. Suporter dengan warna kebesaran hijau itu berencana menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Indosiar, selaku pemegang hak siar, di Surabaya, hari ini, Selasa (9/8/2022) pagi.

Tuntutan dari Bonek sama, meminta PT LIB untuk mengatur jadwal pertandingan paling malam pada pukul 19.00 WIB. Sebab, pemain Persebaya juga turut terdampak pada jadwal pertandingan yang terlalu malam.

Jadwal kick-off pukul 20.30 WIB ini sebenarnya bukan kali pertama terjadi, tapi sudah berlaku sejak Liga 1 2021/2022. Namun, musim lalu semua laga digelar tanpa penonton sehingga rentetan masalah seperti ini tidak bermunculan.

Dari jadwal terbaru, Persebaya akan menjamu Madura United dalam pekan keempat BRI Liga 1 2022/2023 pada sore hari. Duel bertajuk Derbi Suramadu itu bakal digelar pukul 16.00 WIB di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (14/8/2022).

5 dari 5 halaman

Posisi Persebaya Saat Ini

Video Populer

Foto Populer