Sukses


Pertahanan Rapat PSM Bikin Kedah Darul Aman FC Frustrasi di Piala AFC 2022

Bola.com, Gianyar - Kedah Darul Aman FC harus menerima kenyatakan tersingkir dari Piala AFC 2022 setelah takluk 1-2 dari PSM Makassar pada laga semifinal Zona ASEAN, Selasa (9/8/2022). Pelatih Aidil Sharin menyebut, timnya dibuat frustrasi oleh rapatnya pertahanan PSM.

Pada laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, gawang Kedah Darul Aman FC sudah kebobolan pada menit ke-31 melalui aksi Yakob Sayuri. PSM Makassar kemudian kembali unggul melalui sundulan Yuran Fernandes pada menit ke-54.

Memasuki menit ke-62, Yuran Fernandes kemudian mendapatkan kartu kuning kedua. Unggul jumlah pemain berhasil dimanfaatkan Kedah Darul Aman FC dengan memperkecil ketertinggalan pada menit ke-86 melalui Fayadh Zulkifli.

PSM kemudian bermain dengan 9 orang setelah Agung Mannan diusir pada menit ke-90+8 karena mendapatkan kartu kuning kedua. Sayang, Kedah Darul Aman FC tak mampu lagi mencetak gol hingga peluit panjang pertandingan.

"Selamat untuk PSM Makassar telah memenangi pertandingan. Bagi kami datang ke sini dengan tim baru dan berpartisipasi di Piala AFC pada tahap kompetisi ini merupakan pencapaianyang bagus dan para pemain masih belajar," kata Aidil Sharin.

2 dari 5 halaman

Pertahanan Rapat

Pelatih Aidil Sharin sadar akan kualitas PSM Makassar. Aidil juga menyebut timnya sempat berusaha untuk bangkit pada babak kedua, namun pertahanan rapat milik PSM sukar ditembus.

"Menjelang pertandingan, kami tahu menghadapi tandatangan besar dan para pemain bekerja keras. Namun, kami kebobolan gol mudah pada babak pertama," ucap Aidil.

"Kami bermain lebih baik pada babak kedua dan mencoba semua yang kami bisa. Setelah gol kedua, meskipun bermain melawan 10 orang kami tidak dapat menemukan cara untuk melewati lawan karena mereka bertahan sangat dalam," tegas pelatih asal Singapura itu.

3 dari 5 halaman

Siap Bangkit

Aidil Sharin menjadikan kegagalan ini sebagai pelajaran untuk Kedah Darul Aman FC. Menurut Aidil, para pemain sudah berusaha maksimal dan bekerja keras sampai menit akhir pertandingan.

Aidil mengaku kecewa dengan kegagalan timnya. Namun, ingin hasil ini menjadi pelajaran agar pada masa depan Kedah Darul Aman FC bisa lebih siap di Piala AFC 2022.

"Para pemain saya memberikan semua yang mereka miliki dan bekerja sangat keras sampai peluit akhir. Akan tetapi, kami pada akhirnya gagal. Tentu kami kecewa, akan tetapi akan mengambil ini sebagai kesempatan untuk menjadi lebih baik dan bersaing lagi musim depan," ujar Aidil.

4 dari 5 halaman

Cetak Sejarah

PSM Makassar mencetak sejarah baru di Piala AFC 2022. Keberhasilan lolos ke final Zona ASEAN Piala AFC menjadi yang pertama diraih klub berjulukan Juku Eja tersebut.

Ini juga menjadi pencapaian pertama bagi klub Indonesia di Piala AFC. Terakhir kali wakil Indonesia paling jauh berlaga di Piala AFC yakni Persija Jakarta pada 2017 sampai semifinal Zona ASEAN.

"Selamat untuk anak asuh saya yang sudah bekerja luar biasa. Apalagi kami bermain dengan sembilan pemain melawan 11 pemain. Kami menjadi klub pertama Indonesia yang lolos ke final zona Asia Tenggara,” kata pelatih Bernardo Tavares.

5 dari 5 halaman

Tunggu Lawan

PSM Makassar kini menunggu lawan di final Zona ASEAN. PSM akan menghadapi pemenang duel Viettel (Vietnam) melawan Kuala Lumpur City (Malaysia).

Pertandingan final Zona ASEAN akan digelar pada 24 Agustus 2022. PSM masih punya waktu untuk mempersiapkan duel krusial tersebut.

Video Populer

Foto Populer