Sukses


Rapor Klub Jateng dan DIY di Awal Musim BRI Liga 1 2022/2023: Kompak Melempem Semua

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2022/2023 sudah berjalan tiga pekan. Di musim yang masih seumur jagung ini ada beberapa tim yang tampil sangat meyakinkan.

Ada dua tim yang sejauh ini masih memiliki rekor sempurna, alias menang dalam tiga pertandingan yang mereka jalani. Dua tim yang dimaksud adalah Madura United dan Persikabo 1973.

Keduanya sama-sama mengoleksi sembilan poin. Namun, Madura berhak ada di puncak klasemen sementara karena unggul jauh dalam selisih gol.

Ada pula PSM Makassar yang sejauh ini belum terkalahkan. Juku Eja menang dua kali dan meraih sekali hasil imbang dari tiga pertandingan yang mereka jalani.

Namun, performa meyakinkan itu sama sekali tidak ditunjukkan oleh klub dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sama-sama tampil melempem di awal BRI Liga 1 2022/2023. Bola.com memiliki ulasannya seperti di bawah ini.

 

2 dari 5 halaman

PSIS Semarang

PSIS sempat digadang-gadang menjadi calon kuat peraih gelar juara BRI Liga 1 2022/2023. Namun, performa PSIS di awal musim ini jauh dari apa yang diharapkan.

Dari tiga laga yang dijalani, PSIS meraih sekali kemenangan, satu kali hasil imbang, dan sekali menelan kekalahan. Mahesa Jenar kini ada di posisi delapan klasemen sementara.

PSIS Semarang tampak kerap mengalami kebuntuan di lini depan. Absennya sang penyerang andalan, Carlos Fortes sejauh ini belum bisa diatasi dengan baik.

Penyerang lain yang diplot menggantikan Fortes tidak bisa menyamai level pemain asal Portugal itu. Kondisi itu bahkan memaksa pelatih PSIS, Sergio Alexandre memasang gelandang Jonathan Cantillana di posisi penyerang tengah.

Selain itu, lini belakang PSIS Semarang juga tidak bisa selalu diandalkan. Sejauh ini mereka sudah kebobolan empat kali dari tiga laga. Catatan yang kurang mengesankan tentu saja.

 

3 dari 5 halaman

PSS Sleman

PSS adalah satu-satunya klub DIY yang berlaga di BRI Liga 1 2022/2023. PSS sejauh ini belum meraih kemenangan. Mereka bermain imbang dua kali dan kalah sekali.

Dalam beberapa kesempatan pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, menyebut kondisi timnya memang belum maksimal. Apalagi persiapan yang dilakukan PSS tak berjalan sesuai rencana dengan adanya Piala Presiden 2022.

Selain itu PSS termasuk terlambat dalam proses perekrutan pemain asing. Selain Ze Valente, pemain asing PSS baru bergabung ketika liga akan segera dimulai.

Faktor itu membuat adaptasi beberapa pemain asing PSS Sleman terhambat. Seperti yang dialami penyerang asing mereka, Mychell Chagas.

 

4 dari 5 halaman

Persis Solo

Persis bisa dikatakan memiliki nasib yang paling buruk dibandingkan dua tim tetangganya di atas. Persis selalu kalah dari tiga laga di BRI Liga 1 musim ini.

Tiga kekalahan itu membuat Persis Solo menduduki posisi buncit alias ke-18 di klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023.

Selain itu, manajemen Persis Solo juga tampak kurang bijak dalam perekrutan pemain, terutama pemain asing. Dua pemain asing yakni Aaron Evans dan Gerard Artigas bahkan harus dicoret dari skuad yang berlaga di BRI liga 1 2022/2023 karena dinilai tampil tak sesuai harapan.

Keduanya masih berstatus pemain Persis sampai saat ini. Namun, kedua pemain tak akan bisa diturunkan hingga jendela transfer berikutnya di BRI Liga 1 2022/2023 dibuka.

Sebagai gantinya, Persis kedatangan dua pemain asing baru. Mereka adalah Fernando Rodriguez dan Ryo Matsumura.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer