Sukses


Kompetisi BRI Liga 1 Keras, Stefano Cugurra: 3 Laga Terlalu Dini untuk Menghukum Pelatih

Bola.com, Denpasar - Baru saja memasuki pekan keempat atau setidaknya BRI Liga 1 2022/2023 baru menyelesaikan pekan ketiga, sudah ada pelatih yang menghilang dari tim. Satu yang sudah pasti adalah Robert Alberts yang terpaksa meninggalkan Persib Bandung, di mana pelatih Persik Kediri, Javier Roca, tampaknya segera menyusul.

Robert Alberts mundur dari posisinya sebagai pelatih kepala Persib Bandung karena desakan dari bobotoh setelah tren negatif tanpa satu kemenangan pun dalam tiga laga yang sudah dijalani di BRI Liga 1 2022/2023. Pelatih asal Belanda yang sudah empat tahun bersama Persib pun mundur.

Kemudian ada Javier Roca. Belum ada pengumuman resmi atau pernyataan apa pun baik dari sang pelatih maupun manajemen Persik Kediri. Namun, indikasinya terlihat ketika Roca tidak muncul di konferensi pers jelang pertandingan kontra Borneo FC, Kamis (11/8/2022).

Javier Roca juga tidak terlihat memimpin Muhammad Taufiq dkk. di Stadion Brawijaya Kediri pada Jumat (12/8/2022). Persik Kediri, sebelum menghadapi Borneo FC, hanya mengemas satu poin dari tiga pertandingan BRI Liga 1 2022/2023 yang mereka jalani.

2 dari 5 halaman

Pandangan Teco

Melihat situasi ini, pelatih Bali United, Stefano Cugurra, ikut berkomentar. Menurut pandangannya, tiga pekan berjalan di BRI Liga 1 musim ini, masih terlalu dini menilai apakah pelatih atau pemain itu layak berada di dalam timnya atau tidak.

"Pasti tidak bagus di sepak bola. Jarak poin masih dekat dan kompetisi masih terlalu awal. Saya pikir seperti itu," terangnya pada Jumat (12/8/2022) sore.

"Namun, saya tidak tahu permasalahannya dan saya tidak bisa menjawab karena saya tidak ada dalam tim tersebut," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Teco pun Tertekan

Stefano Cugurra mencontohkan Bali United. Saat ini mereka mengemas enam poin dari tiga laga. Jarak poin dengan tiga tim di atasnya, Borneo FC, Madura United, atau Persikabo 1973 sangat tipis. Terlebih kompetisi baru berjalan tiga pekan dan memulai pekan keempat.

Dalam hati pelatih yang karib disapa Teco itu, mungkin BRI Liga 1 musim ini sangat keras. Teco bukan tanpa tekanan. Terlebih ketika Bali United mendapatkan hasil minor di Piala AFC 2022 dan dua pekan awal BRI Liga 1.

Suporter sempat menginginkan perubahan, termasuk Teco harus bisa mengubah strategi agar tidak monoton. Apa yang dikritik suporter akhirnya perlahan menghilang setelah Bali United menang atas RANS Nusantara FC pada pekan ketiga.

 

4 dari 5 halaman

Sedikit Pelatih yang Bertahan

Jika Bali United bisa menang lagi ketika menghadapi Arema FC pada laga pekan keempat BRI Liga 1 2022/2023, Sabtu (13/8/2022) malam WIB, mungkin suporter masih sangat percaya dnegan pelatih berpaspor Brasil tersebut.

Teco juga sempat membuat analisa pribadi. Musim ini sebelum Robert Alberts terdepak dan rumor Javier Roca hengkang, tercatat hanya ada enam pelatih yang tetap bertahan di klub yang sama sejak musim lalu.

Selain Javier Roca dan Robert Alberts, sebelum mundur, ada sosok Aji Santoso di Persebaya Surabaya, Eduardo Almeida di Arema FC, Fabio Lefundes di Madura United, dan Teco di Bali United. Selebihnya, tim lain merekrut pelatih baru.

"Dari 18 tim, hanya lima yang bertahan. Terkadang harus dilihat bukan hanya pelatih saja yang kurang, tapi juga kadang ada faktor lain yang membuat tim kurang baik. Bukan hanya pelatih, tapi ada faktor lain juga," tutup pelatih asal Brasil itu.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer