Sukses


Abdulla Yusuf Helal Masih Mandul buat Persija di BRI Liga 1, Thomas Doll Membela: Beri Waktu, Dia Striker Fantastis

Bola.com, Bogor - Abdulla Yusuf Helal telah dua kali bermain 90 menit untuk Persija Jakarta. Dia juga beraksi sekali sebagai pengganti dalam empat partai BRI Liga 1 2022/2023.

Bagaimana hasilnya? Masih nihil. Abdulla Yusuf Helal belum pecah telur. Padahal, pemain berusia 29 tahun itu bergabung dengan Persija Jakarta dengan ekspektasi besar.

Abdulla Yusuf Helal empat tahun berkarier di kasta teratas Liga Republik Ceska hingga pernah beraksi di Liga Champions dan Europa League sebelum merapat ke tim ibu kota per musim ini.

Teraktual, Abdulla Yusuf Helal minim kontribusi ketika Persija Jakarta diimbangi Persikabo 1973 1-1 dalam pekan keempat BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (14/8/2022).

2 dari 6 halaman

Pembelaan Thomas Doll

"Pandangan saya berbeda dengan Anda. Yusuf datang sangat terlambat," ujar pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll membela striker Timnas Bahrain itu.

"Dia membantu kami. Normalnya, dia belum siap untuk bermain sebagai starter. Namun, kami kehilangan banyak pemain karena cedera."

"Setiap harinya, kami kehilangan satu sampai dua pemain juga karena sakit. Sebelum Anda mengkritik, kamu harus memahami bagaimana kondisi beberapa pemain di tim ini," tutur Thomas Doll.

3 dari 6 halaman

Persiapan Belum Cukup

Abdulla Yusuf Helal baru datang ke Indonesia pada H-2 sebelum Persija melawan Bali United dan kalah 0-1 dalam pekan pertama BRI Liga 1 pada 23 Juli 2022.

Sepekan lebih berselang, Thomas Doll sudah memainkannya sebagai pengganti selama 26 menit tatkala tim berjuluk Macan Kemayoran itu mengalahkan Persis Solo 2-1.

Thomas Doll menjelaskan bahwa Abdulla Yusuf Helal seharusnya belum bisa bermain penuh karena kondisi dan persiapannya belum ideal.

4 dari 6 halaman

Thomas Doll Terpaksa

Mau tidak mau, Thomas Doll terpaksa menurunkan pencetak lima gol dari 59 caps untuk Timnas Bahrain itu lantaran satu per satu pemain Persija bertumbangan.

"Dia bisa membantu tim. Namun, dia belum siap. Seharusnya dia belum bermain. Dia bermain 90 menit karena situasi di tim ini. Banyak pemain yang absen," tutur Thomas Doll.

"Ketika Yusuf datang, kami sudah melakukan persiapan delapan sampai sembilan pekan. Namun, dia belum bisa ikut berlatih dengan kami karena dia belum terikat kontrak," terangnya.

5 dari 6 halaman

Jadi Second Striker

Taktik Thomas Doll rasanya turut memengaruhi performa Abdulla Yusuf Helal. Jika Michael Krmencik bermain, ia diplot sebagai second striker dengan bermain lebih ke dalam dan sesekali melebar.

Padahal, Abdulla Yusuf Helal bertipikal target man. Akibatnya, eks bomber Slavia Praha kerapĀ terlalu jauh dari gawang lawan.

Thomas Doll tetap setia menunggu pembuktian Abdulla Yusuf Helal. Dia percaya bahwa pemain berpostur 194 cm itu adalah penyerang yang fenomenal.

"Dia juga harus langsung bermain. Dia butuh waktu. Tolong beri dia waktu. Karena dia adalah striker yang fantastis. Dia akan menunjukkannya," papar Thomas Doll.

6 dari 6 halaman

Posisi Persija di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer