Sukses


BRI Liga 1: Senasib dengan Chelsea, Persebaya Juga Kecewa pada Kepemimpinan Wasit

Bola.com, Surabaya - Chelsea dan Persebaya Surabaya mengalami nasib apes. Kedua tim bermain imbang di kandang dengan skor 2-2 dalam laga bertajuk derbi dan sama-sama merasa dirugikan wasit.

Persebaya Surabaya tidak tinggal diam setelah mendapat keputusan kontroversi dari wasit dalam pekan keempat BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (14/8/2022). Mereka bakal menyurati operator liga, PT LIB.

Persebaya telah mengunggah video bukti kesalahan wasit itu. Ada tiga video yang diunggah. Satu di antaranya adalah keputusan kurang tepat atas gol Madura United. Sedangkan dua lainnya adalah saat tidak mengesahkan gol Persebaya Surabaya.

 

 

2 dari 5 halaman

Kontroversi Pertama

Pertama, merujuk pada gol pertama Madura United yang disahkan oleh wasit Mansyur yang memimpin laga bertajuk Derbi Suramadu tersebut. Seperti diketahui, gol itu lahir di menit ketujuh lewat serangan balik cepat.

Mulanya, gelandang Higor Vidal menggiring bola hingga melewati garis. Asisten wasit lantas mengangkat bendera, namun wasit Mansyur tidak mengindahkannya. Serangan balik cepat lantas dilakukan oleh Esteban Vizcarra.

Esteban Vizcarra berlari dengan membawa bola dari belakang ke depan. Dia pun mengumpan pada Lulinha yang diakhiri sepakan keras ke gawang Persebaya. Alhasil, Bajul Ijo pun kebobolan meski seharusnya laga dihentikan seharusnya Madura United mendapat goal kick dulu.

“Wasit melakukan beberapa kesalahan fatal yang sangat merugikan Persebaya dalam matchday keempat melawan Madura United,” tulis Persebaya dalam sebuah unggahan di akun instagram

“Sebelum gol pertama tim tamu, asisten wasit 2 sudah mengangkat bendera tanda bola keluar dan tendangan gawang, namun wasit tengah menyatakan bola hidup. Jelas, bola memang keluar.”

 

3 dari 5 halaman

Kontroversi Kedua

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Persebaya (@officialpersebaya)

Kesalahan wasit tak hak hanya di situ. Kali ini terjadi saat Persebaya sudah unggul 2-1. Setelah gol Lulinha, Persebaya lantas membalas dua gol yang dicetak oleh Silvio Junior (28’) dan Sho Yamamoto (49’).

Persebaya mencetak gol lagi di menit ke-53. Kali ini, Higor Vidal mengirim umpan tendangan pojok yang disambut sundulan Silvio Junior. Bola masuk ke gawang lawan, namun wasit menganulirnya karena menganggap Leo Lelis melanggar Cleberson Martins.

Insiden ini sempat melahirkan protes keras lagi dari para pemain Persebaya. Cleberson tidak berduel dengan Silvio yang memenangkan bola. Dia juga tidak terjatuh akibat duelnya dengan Leo Lelis. Tapi, wasit tetap tidak mengesahkan gol itu.

“Kesalahan lainnya, Persebaya seharusnya mencetak gol ketiga melalui tandukan Silvio Junior. Namun, wasit Mansyur menyatakan Leo Lelis melakukan pelanggaran,” demikian bunyi pernyataan tambahan Persebaya.

“Padahal tayangan video jelas menunjukkan Cleberson yang malah menarik kaos Lelis. Wasit berada dalam posisi sangat dekat, sangat disayangkan salah mengambil keputusan.”

 

4 dari 5 halaman

Persebaya Naik, Madura Kokoh

Pada akhirnya, Persebaya kebobolan pada menit akhir dan memaksa pertandingan berakhir sama kuat 2-2. Untuk kali ketiga, Persebaya kebobolan lewat bola mati. Sialnya, gol yang dicetak tim lawan kali ini malah membuyarkan kemenangan di depan mata.

Skor 2-1 sudah jadi milik Persebaya berubah lantaran Cleberson akhirnya mencetak gol di menit ke-90+3. Seharusnya Persebaya tercatat mencetak tiga gol dalam pertandingan bertajuk Derbi Suramadu ini. Seandainya gol itu disahkan, tentu Persebaya mengamankan tiga poin dengan skor 3-2.

Meski gagal menang, Persebaya untuk sementara naik ke peringkat ke-12 dengan empat poin di klasemen . Sedangkan sedangkan Madura United tetap di puncak klasemen dengan mengoleksi 10 angka.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer