Sukses


HUT ke-77 Republik Indonesia, PSSI Berharap Sepak Bola Nasional Bisa Membanggakan Dunia

Bola.com, Jakarta - Republik Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 pada Rabu (17/8/2022). Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap pada usia bangsa yang semakin tua bisa memberikan kesuksesan untuk Timnas Indonesia di level dunia.

Doa dan harapan itu diungkapkan secara langsung oleh Mochamad Iriawan di Istana Negara, Jakarta. Iriawan hadir bersama skuad Timnas Indonesia U-16 yang baru menjuarai Piala AFF U-16 2022 untuk memenuhi undangan dari Presiden Joko Widodo.

"Saya ingin Indonesia memberikan kontribusi yang baik pada sepak bola dunia. Sekarang kan Asia, besok ada Kualifikasi Piala Dunia, kemudian ada Piala Dunia U-20 di Indonesia," kata Iriawan.

Selain mendoakan kesuksesan Timnas Indonesia, Iriawan juga berharap Indonesia semakin maju dari sejumlah aspek. Dengan begitu, Indonesia bisa membanggakan di mata dunia.

"Semoga Indonesia bisa betul-betul membanggakan dunia di segala sektor seperti perekonomian, kamtibmas, olahraga, dan sebagainya," tegas Iriawan.

2 dari 5 halaman

Ikut Upacara Bendera

Timnas Indonesia U-16 memenuhi undangan untuk mengikuti upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77 di Istana Negara pada Rabu (17/8/2022). Tak hanya skuad Timnas U-16, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga turut dalam kegiatan tersebut.

Sebanyak 28 pemain plus lima tim kepelatihan dengan khidmat mengikuti upacara bendera di Istana Merdeka. Pengalaman ini tentu saja langka dan menjadi yang pertama bagi mereka.

"Ini suatu kebanggaan bagi pemain dan tentu PSSI yang diundang ke Istana Negara untuk mengikuti upacara bendera," ujar Iriawan

3 dari 5 halaman

Disambut Jokowi

Setelah upacara bendera, skuad Timnas Indonesia U-16 disambut secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Undangan ini merupakan bagian dari acara HUT ke-77 Republik Indonesia.

Seperti diketahui, Timnas U-16 baru saja menjuarai Piala AFF U-16 2022. Presiden Jokowi secara khusus memberikan ucapan selamat sekaligus mengapresiasi pencapaian dari Timnas U-16.

"Selamat, ya. Kemarin saya lihat mainnya bagus sekali. Harus dijaga performanya, jangan sampai menurun. Biasanya ke U-23 menurun, harus konsisten," kata Jokowi dalam keterangan resminya.

4 dari 5 halaman

Kado Ultah

Sementara itu, pelatih Bima Sakti mengaku sudah memperlihatkan trofi Piala AFF U-16 2022 kepada Presiden Jokowi. Menurut Bima Sakti, gelar ini merupakan kado untuk Kemerdekaan Republik Indonesia.

''Tadi kami sudah perlihatkan piala ke Bapak Presiden. Ini sebagai kado untuk Bangsa Indonesia yang hari ini merayakan kemerdekaan,'' tegas Bima Sakti.

Timnas U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0. Gelar ini menjadi yang kedua setelah 2018.

5 dari 5 halaman

Dijanjikan Tempat TC

Presiden Joko Widodo juga mengucap janji akan mencarikan tempat training camp terbaik untuk pengembangan Timnas Indonesia U-16. Seperti diketahui, proyek tersebut akan dibangun di IKN.

''Nanti, kami akan mencarikan training camp yang baik,'' ucap Jokowi.

Pemerintah memang berencana untuk membangun pusat pelatihan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim). Kantor PSSI dan kandang Timnas Indonesia pun turut pindah ke sana.

Video Populer

Foto Populer