Sukses


BRI Liga 1: Jacksen Tiago Tidak Terpengaruh Tekanan di Persis, Akui Itu Bagian dari Pekerjaan

Bola.com, Solo - Pelatih Persis Solo, Jacksen Tiago, terus menjadi sorotan pada awal musim BRI Liga 1 2022/2023. Performa Persis yang mengecewakan membuat pelatih asal Brasil itu terus mendapatkan tekanan.

Tekanan untuk mundur ramai di media sosial dan datang dari pendukung Persis Solo. Mereka menggelorakan tagar #JFTOut. Selain itu, suporter juga sempat menggelar aksi protes langsung di mes Persis yang terletak di Kota Solo.

Meski demikian, Jacksen tampaknya tidak terlalu terpengaruh. Ia menyatakan tekanan merupakan risiko yang harus dihadapi oleh pelatih. Apalagi jika tim yang ditukangi tengah ada dalam periode yang buruk.

"Tagar out itu konsekuensi dari perubahan dunia teknologi kita. Kalau di Brasil, mengikuti kursus kepelatihan, terutama lisensi Pro, ya diberi pelajaran soal media. Bagaimana menghadapi media, finansial, termasuk suporter," katanya.

"Kami menghadapi dunia saat ini tidak boleh emosional, marah itu perkembangan dunia," sambung pelatih Persis Solo itu.

 

 

2 dari 5 halaman

Perbedaan Kultur Suporter

Jacksen Tiago pun membandingkan era sepak bola saat ini dengan era ketika dirinya masih aktif sebagai pemain. Dulu, Jacksen menyebut dirinya hanya mendapatkan tekanan ketika bermain di stadion.

Kini tekanan itu bisa datang di mana saja, termasuk ketika pemain sudah di rumah atau bahkan ketika baru saja bangun pagi dari tidur.

"Dulu menghadapi suporter ketika kami berada di lapangan, sekarang bangun di rumah kami langsung buka handphone dan bisa berhadapan dengan suporter," ujar pelatih Persis Solo itu.

"Kita tidak boleh komplain. Kami harus adapatasi dengan hal itu dan hidup dengan baik. Kalau saya, secara pribadi sudah menyampaikan kepada pemain bahwa tidak ada manusia yang mau hidup dalam tekanan. Namun, apa pun yang terjadi, itu konsekuensi," tandasnya.

 

3 dari 5 halaman

Berharap Segera Berakhir

Persis Solo belum meraih satu poin pun dalam empat laga yang mereka jalani pada awal musim BRI Liga 1 2022/2023. Kondisi itu membuat Samsul Arif dan kolega harus berada di peringkat ke-18 atau juru kunci untuk sementara waktu.

Persis akan menghadapi Bhayangkara FC dalam laga pekan kelima BRI Liga 1 2022/2023, Jumat (19/8/2022) sore WIB. Jacksen berharap paceklik poin itu segera berakhir.

"Semoga dalam pertandingan besok, kami datang ke sini dengan harapan bisa mengakhiri masa paceklik selama ini. Tentu tidak mudah," harapnya.

4 dari 5 halaman

Jadwal Pekan Kelima BRI Liga 1

Hasil BRI Liga 1

Kamis, 18 Agustus 2022

  • PSIS Semarang 2-1 Persik Kediri
  • Barito Putera 1-2 Bali United

Jadwal BRI Liga 1

Jumat, 19 Agustus 2022

  • 15.30 WIB - Bhayangkara FC vs Persis Solo
  • 16.00 WIB - Borneo FC vs Persebaya Surabaya
  • 18.15 WIB - Madura United vs Dewa United
  • 20.30 WIB - Persita Tangerang vs Persikabo 1973
  • 20.30 WIB - PSS Sleman vs Persib Bandung

Sabtu, 20 Agustus 2022

  • 16.00 WIB - PSM Makassar vs Arema FC
  • 20.30 WIB - RANS Nusantara FC vs Persija Jakarta
5 dari 5 halaman

Posisi Persis di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer